Travel

Bandara New Yogyakarta Internasional Airport Batal Diresmikan 29 April

Peresmian pengoperasian Bandara Kulonprogo, Yogyakarta belum diketahui waktu penggantinya sampai sekarang.

Dany Garjito

Bandara New Yogyakarta Internasional Airport. (instagram.com/ap_airports)
Bandara New Yogyakarta Internasional Airport. (instagram.com/ap_airports)

Guideku.com - Rencana peresmian pengoperasian Bandara Kulonprogo atau Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) batal dilakukan pada Senin (29/4/2019).

Padahal, sebelumnya PT Angkasa Pura I (Persero) menginformasikan bandara komersil, yang digadang menjadi pengganti Bandara Adi Sutjipto tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dengan pendaratan kali pertama di bandara tersebut, seperti dikutip dari Suara.com.

Tetapi, kekinian pihak PT Angkasa Pura memastikan penundaan peresmian melalui pesan yang diterima Suara.com pada Sabtu (27/4/2019).

"Menindaklanjuti informasi dari protokol presiden dan kemenhub maka acara peresmian pengoperasian Yogyakarta International Airport yang semula direncanakan pada Senin (29/4/2019) ditunda hingga informasi selanjutnya. Demikian yang dapat kami sampaikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan. Terima kasih," tulis VP Corporate Secretary PT Angkasa Pura, Handy H, seperti dikutip GuideKu.com dari Suara.com.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan tanggal peresmian, PT Angkasa Pura belum bisa memberikan kepastian waktunya.

"RI-1 batal hadir tanggal 29 (April 2019), ditunda hingga waktu yang belum ditentukan," lanjutnya.

Untuk diketahui, sebelumnya PT Angkasa Pura I (Persero) menginformasikan bahwa Bandara NYIA bakal beroperasi pada 29 April 2019.

Hal ini sesuai dengan Surat Pemberitahuan Nomor AP.II891/OB.01/2019/GM.JOG-B, terkait pemberitahuan international operation NYIA yang ditandatangani General Manager Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama.

"Merujuk Peraturan Presiden RI Nomor 98 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara Baru di Kabupaten Kulonprogor Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Bersama ini disampaikan bahwa NYIA akan diresmikan dan beroperasi pada tanggal 29 April 2019," tulis Agus di dalam Surat Pemberitahuan yang diterima Suara.com, Minggu (21/4/2019).

Berdasarkan informasi dari pihak Angkasa Pura I, hingga April 2019, penyelesaian Bandara Kulonprogo telah selesai 50 persen yang mana dari sisi arslide terdiri dari landasan pacu (runway), tempat parkir pesawat (apron) dan taxyway sudah terbangun 100 persen.

Rencananya, pembangunan Bandara Kulonprogo akan selesai pada akhir tahun 2019. Sebagai informasi, pembangunan Bandara Kuloprogo telah dimulai pada pertengahan 2018 lalu. Investasi pembangunan bandara baru ini mencapai lebih dari Rp 6 triliun.

SUARA.com/Chandra Iswinarno

Berita Terkait

Berita Terkini