Travel

Arti Code Share dalam Penerbangan China Airlines Rute Jakarta-Makassar

Heboh China Airlines garap rute Jakarta-Makassar, maskapai gunakan praktik code share. Apa itu code share?

Dany Garjito

Ilustrasi Pesawat (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi Pesawat (Pixabay/skeeze)

Guideku.com - Maskapai asing rupanya sudah ada yang mulai menggarap penerbangan domestik, salah satu maskapai tersebut adalah China Airlines.

Dikutip dari Suara.com, penelusuran Suara.com dari laman daring perusahaan, maskapai asal negeri Tirai Bambu tersebut menjajakan tiket pesawat rute Jakarta - Makassar.

Namun, terdapat informasi rute tersebut tak dioperasikan langsung oleh China Airlines, melainkan oleh maskapai Garuda Indonesia.

Bolehkah hal tersebut dilakukan dalam dunia penerbangan?

Menjawab hal tersebut, Pengamat Penerbangan Alvin Lie menilai praktik tersebut sah-sah saja dalam dunia penerbangan.

China Airlines Garap Rute Domestik Jakarta - Makassar.
China Airlines Garap Rute Domestik Jakarta - Makassar.

Alvin menjelaskan bahwa praktik itu dinamakan berbagi kode nomor penerbangan alias code share.

"Benar ada penerbangan CI9798 CGK-UPG. Namun tidak benar bahwa airlines Taiwan tersebut  melakukan pelayanan penerbangan domestik CGK-UPG. Penerbangan CI9798 merupakan kerja sama code share dengan Garuda," ujar Alvin dalam keterangan tertulis, Kamis (13/6/2019), seperti dikutip GuideKu.com dari Suara.com.

Alvin kembali menerangkan, penumpang dari Taiwan membeli tiket China Airlines. Kemudian China Airlines mengalihkannya kepada Garuda Indonesia untuk melaksanakan pengangkutan.

Demikian juga penumpang di Indonesia, bisa membeli tiket Garuda Indonesia untuk terbang di berbagai negara, di mana sebenarnya maskapai tersebut tidak mengoperasikan penerbangan.

"Untuk penerbangan-penerbangan code share memang airlines penerbit tiket berhak mencantumkan nomer penerbangan sendiri, walau yang mengangkut adalah airlines mitranya," ujarnya.

"Pada papan keberangkatan, mudah dilihat penerbangan code share menampilkan beberapa nomor penerbangan untum penerbangan yang sama.”

Sebelumnya, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan tak menampik maskapainya mengoperasikan penerbangan China Airlines.

Dia menjelaskan, Garuda Indonesia selama ini bekerja sama dengan China Airlines terkait berbagi kode penerbangan.

"Istilahnya code share, jadi itu kerja sama Garuda Indonesia dengan China Airlines. Kayak code share biasa antara dua maskapai biasa melakukan code share," ujar Ikhsan ketika dihubungi Suara.com.

SUARA.com/Achmad Fauzi

Berita Terkait

Berita Terkini