Travel

Meski Dilarang Merokok, Inikah Alasan Pesawat tetap Sediakan Asbak?

Mengapa?

Dany Garjito | Aditya Prasanda

Ilustrasi merokok. (Pixabay)
Ilustrasi merokok. (Pixabay)

Guideku.com - Jangan sekali-kali merokok dalam pesawat. Sebab asapnya dapat menyalakan alarm kebakaran dan membuat seisi pesawat gaduh. Pun nyala apinya dapat menyulut kebakaran.

Tak heran, penumpang yang nekat merokok di dalam pesawat terancam dipidanakan dengan sanksi berat.

Meski demikian, tahukah kamu toilet di dalam pesawat tetap menyediakan asbak lho.

Bahkan asosiasi penerbangan dunia, Federal Aviation Administration (FAA) mewajibkan agar setiap pesawat dilengkapi asbak yang bertempat di toilet.

Saking pentingnya, sebuah penerbangan dari Inggris menuju Meksiko pada tahun 2009 pernah dihentikan, sebab kedapatan tak memiliki asbak.

(Shutter stock)
(Shutter stock)

 

Lantas, mengapa asbak tetap diperlukan di dalam toilet pesawat?

Salah satu awak kabin Cathay Pacific yang tak disebutkan namanya menuturkan asbak tersebut difungsikan untuk menyiasati penumpang nakal yang diam-diam merokok di dalam pesawat.

"Pada dasarnya terdapat aturan jelas yang melarang setiap penumpang merokok di dalam pesawat. Namun di lapangan, beberapa orang masih nekat melakukannya,'' ujar sang pramugari seperti dikutip Suara.com dari Time.

(Shutter stock)
(Shutter stock)

 

Kru Cathay Pacific bahkan kerap menangkap penumpang nakal tersebut tiap enam bulan sekali.

Maka tak heran, asbak wajib disediakan setiap pesawat untuk meminimalisir risiko kebakaran akibat ulah penumpang yang tak bertanggung jawab.

Asbak pun disediakan agar para penumpang nakal tidak membuang puntung rokok ke tempat sampah yang umumnya diisi benda-benda nan riskan terbakar macam tisu.

Berita Terkait

Berita Terkini