Travel

Ketika Patung Kayu Melania Trump Jadi Bahan Olok-olok

Mengerikan.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

(Twitter Public Domain)
(Twitter Public Domain)

Guideku.com - Patung berbahan kayu seukuran manusia ini berdiri di pinggiran Sevnica, Slovenia.

Jika bukan sebab keterangan khusus, barangkali mudah kita tertipu, mengira patung kayu ini hanya buah iseng seseorang, dan tak menahu betapa pentingnya makna patung kayu ini bagi masyarakat Slovenia.

Sebab, patung kayu dengan warna utama abu-abu kusam dan biru muda ini tak lain merupakan representasi ibu negara Amerika Serikat, Melania Trump.

Ya, Melania yang berkewarganegaraan ganda, Amerika Serikat dan Slovenia, kini merupakan salah satu ikon wanita paling dibanggakan di negara Balkan tersebut.

Sebelum patung kayu yang diresmikan pada Jumat (5/7) itu, ragam 'penghormatan' pada Melania lainnya tersemat pada kue, madu hingga sandal Melania nan jadi buah bibir di media sosial.

Patung kayu yang diukir menggunakan gergaji mesin ini merupakan buah karya seniman konseptual AS, Brad Downey.

Monumen pertama di luar AS yang didedikasikan untuk Melania Trump ini diadaptasi dari pose mengangkat tangan Melania tatkala dirinya menghadiri pelantikan sang suami pada 2017 silam.

Nahas, patung tersebut dinilai banyak orang gagal merepresentasikan sang First lady, tak terkecuali warga Sevnica sendiri.

''Jika monumen Melania ditujukan sebagai sebuah parodi, saya pikir sang seniman telah berhasil melakukannya. Sebab kami di Sevnica hanya bisa tertawa memandangi patung tersebut dan masih heran dengan reputasi Trump di mata dunia,'' ujar Nika (24) seorang mahasiswa di Sevnica, seperti dikutip Suara.com dari AFP.

(Twitter Jerry Saltz)
(Twitter Jerry Saltz)

 

Tak hanya Nika yang memiliki pandangan miring soal monumen Melania, yang terburuk, bahkan seorang netizen menilai patung kayu tersebut lebih menyerupai 'orang-orangan sawah'.

Sang seniman sendiri, Brad Downey mengaku tak heran dengan pendapat sinis sejumlah orang menyoal karya ukirnya.

''Saya dapat memahami mengapa sejumlah orang menilai patung ini gagal mendeskripsikan penampilan fisik Melania,'' ujar Downey.

Sejak Donald Trump resmi menjabat sebagai orang nomor 1 di AS, kota Sevnica mendadak kebanjiran turis dari berbagai belahan dunia yang begitu penasaran dengan masa lalu Melania.

Tak sedikit warga yang memanfaatkan momen tersebut dan membuat aneka wisata yang mengangkat masa kecil Melania, macam paket tur hingga benda-benda yang merepresentasikan istri Donald Trump tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini