Travel

Menyisir Kemegahan La Sagrada Familia, Maha Karya Antoni Gaudi di Barcelona

Basilikia megah buah karya Antoni Gaudi.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

(Wikimedia Commons Bernard Gagnon)
(Wikimedia Commons Bernard Gagnon)

Guideku.com - Pertama kali dibangun pada tahun 1882, La Sagrada Familia, gereja berdesain arsitektur klasik, ikon kota Barcelona di Spanyol ini diperkirakan akan diresmikan pada tahun 2026.

Artinya butuh waktu sekitar 150 tahun untuk dapat menyelesaikan mega proyek rancangan Antoni Gaudi ini. Setengah abad lebih singkat ketimbang durasi pengerjaan Tembok Besar China.

Tahun 1926, saat sang empu Gaudi menghembuskan napas terakhir, baru seperempat bagian La Sagrada Familia yang selesai dibangun. Uniknya, makam Gaudi juga ditempatkan di lantai bawah karya terakhirnya ini. Makam Gaudi ditempatkan di sebuah kapel khusus yang didedikasikan untuk Bunda Maria.

Sebab keelokan arsitekturnya nan menawan, UNESCO juga menetapkan La Sagrada Familia sebagai salah satu dari tujuh bangunan karya Gaudi yang masuk dalam Situs Warisan Dunia.

Tak hanya itu, pada tahun 2010, menilik keseluruhan aspek bangunannya, Paus Benediktus XVI juga menetapkan La Sagrada Familia sebagai basilika, gereja katolik yang dibangun pada masa nasrani awal.

(Wikimedia Commons Fred Romero)
(Wikimedia Commons Fred Romero)

 

Saat selesai dibangun kelak, diperkirakan La Sagrada Familia akan memiliki 18 menara dan tiga fasad yang salah satunya dikerjakan Gaudi sendiri.

Berita Terkait

Berita Terkini