Travel

Potret 6 Kota Terindah di Asia, Salah Satunya dari Indonesia

Deretan kota terindah ini cocok dijadikan destinasi saat liburan ke negara-negara Asia.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Yufuin, Jepang (Google Maps)
Yufuin, Jepang (Google Maps)

Guideku.com - Bukan cuma benua Eropa atau Amerika, Asia juga punya banyak destinasi yang tak kalah memukau.

Mulai dari pulau-pulau tropis, sawah, perkebunan, pegunungan, hingga perkotaan, ada beraneka ragam pilihan destinasi wisata di Asia.

Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada, beberapa kota sukses menarik perhatian travelers karena keindahannya.

Tidak hanya itu, kota-kota tersebut juga memiliki keunikan tersendiri dan cocok untuk dijelajahi saat liburan.

Merangkum dari laman CNN Travel Internasional, berikut deretan 6 kota terindah di Asia beserta hal-hal yang bisa dilakukan di sana.

1. Hoi An, Vietnam

Hoi An, Vietnam (Pixabay/TassLa)
Hoi An, Vietnam (Pixabay/TassLa)

Kota Hoi An di Vietnam merupakan Kota Tua yang cocok dikunjungi oleh fotografer, pecinta kuliner, dan penyuka arsitektur.

Hal ini dikarenakan kota Hoi An merupakan kota pelabuhan yang dibangun pada masa penjajahan Perancis dan digunakan sejak abad ke-16. Kota ini sendiri lantas dijadikan situs Warisan Budaya UNESCO sejak tahun 1999.

Di kota ini, wisatawan dapat menemukan rumah-rumah para pedagang yang berwarna kuning-kecokelatan dan telah diubah menjadi restoran, bar, hingga toko pakaian.

Selain itu, aneka macam makanan lokal seperti banh mi hingga seafood segar dapat ditemukan di sini.

2. Yufuin, Japan

Yufuin, Jepang (Google Maps)
Yufuin, Jepang (Google Maps)

Jepang punya banyak kota dan destinasi wisata indah. Salah satunya adalah kota Yufuin di Prefektur Oita, Pulau Kyushu.

Yufuin merupakan kota kecil yang dikenal memiliki atmosfer damai. Kota ini juga punya banyak pemandian air panas dan pemandangan alam Gunung Yufu di latar belakang.

Travelers yang berkunjung ke Yufuin dapat menginap di ryokan atau penginapan bergaya tradisional. Selain itu, travelers dapat berjalan-jalan di Yunotsubo Street yang dipenuhi aneka macam butik, restoran, dan kedai teh.

Kota Yufuin juga dikenal sebagai penghasil keju di Jepang. Tak heran, salah satu aktivitas yang disarankan saat ke Yufuin adalah mengunjungi pabrik keju dan menjajal cheesecake yang ada.

3. Vigan, Filipina

Vigan, Filipina (Google Maps)
Vigan, Filipina (Google Maps)

Walau terletak di Filipina, Vigan adalah kota yang memiliki gaya khas Spanyol. Kota ini berada di pesisir barat Pulau Luzon dan merupakan Situs Warisan Budaya UNESCO.

Kota Vigan sendiri dibangun pada masa penjajahan Spanyol pada tahun 1572. Saat itu, seseorang bernama Juan de Salcedo memutuskan untuk membangun kota yang tertata rapi dan dilengkapi gereja, sekolah, hingga mansion megah.

Di kota Vigan, travelers dapat mengunjungi bangunan peninggalan sejarah Spanyol sekaligus menjajal naik kereta yang ditarik kuda.

Kemudian, travelers juga dapat melihat-lihat dan berpartisipasi dalam membuat kerajinan tanah liat.

4. Kotagede, Indonesia

Kota Gede, Yogyakarta (Wikimedia Commons)
Kotagede, Yogyakarta (Wikimedia Commons)

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga punya banyak kota yang indah. Salah satunya adalah daerah Kotagede di Yogyakarta.

Terkenal sebagai sentra penghasil perak, Kotagede juga merupakan tempat bersejarah sekaligus pusat dari Kesultanan Mataram.

Kotagede juga dikenal dengan rumah-rumah bergaya Kalang yang merupakan rumah tradisional dengan campuran gaya Belanda-Jawa.

Selain mengunjungi sentra produksi perak dan membeli aneka perhiasan, travelers yang datang ke Kotagede juga dapat berwisata sejarah di Masjid Gedhe Mataram.

5. Galle, Sri Lanka

Galle, Sri Lanka (Google Maps)
Galle, Sri Lanka (Google Maps)

Bagi pecinta laut, kota Galle di Sri Lanka dapat menjadi destinasi wisata yang tepat. Pasalnya, kota ini memiliki sejarah sebagai sebuah kota pelabuhan.

Kota Galle juga memiliki benteng yang sudah ada sejak era penjajahan Portugis, kemudian dipakai oleh Belanda dan Inggris.

Tidak heran, banyak landmark terkenal di Galle merupakan bangunan bergaya kolonial. Beberapa contohnya adalah gereja De Groote Kerk, Galle Clock Tower, Galle Lighthouse, Masjid Meeran, dan lain sebagainya.

Di kota ini, travelers juga bisa berlatih selancar, menyelam, hingga menonton paus di Pantai Unawatuna.

6. Zhouzhuang, China

Zhouzhuang, China (Google Maps)
Zhouzhuang, China (Google Maps)

Terakhir, ada kota Zhouzhuang di China yang merupakan kota kanal tertua di China. Kota ini dibangun 900 tahun lalu pada era dinasti Ming dan Qing.

Kota ini dikenal karena memiliki atmosfer tenang dan panorama bak lukisan. Tidak hanya itu, Zhouzhuang juga memiliki banyak situs kuno.

Beberapa situs tersebut adalah jembatan kembar Shide dan Yong'an yang berumur 500 tahun, kuil Taoisme Chengxu dari abad kesebelas, dan rumah-rumah para pedagang kaya.

Berita Terkait

Berita Terkini