Travel

Menilik Pesona Kastil Eilean Donan di Skotlandia

Kastil tua, saksi peradaban.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

(Wikimedia Commons David Iliff)
(Wikimedia Commons David Iliff)

Guideku.com - Jika kamu pernah menonton film James Bond: The World is Not Enough, pasti tidak asing dengan kastil tua yang jadi markas Dinas Agen Rahasia Inggris ini?

Kastil Eilean Donan namanya, sebuah kastil yang dibangun sekitar tahun 800 hingga 1200 sebelum masehi.

Dikelilingi kawasan perairan, konon dahulu kastil yang bertempat di sebuah pulau kecil di Highlands Skotlandia ini menjadi tempat persembunyian pemberontak Jacobite pada abad ke-17. Kelompok Jacobite merupakan pendukung Raja James II yang diasingkan pasca pecahnya Revolusi Glorious.

Sebab dicap sebagai sarang pemberontak, Kerajaan Inggris sempat menghancurkan Kastil Eilean Donan dan kastil ini luluh lantak selama lebih dari 150 tahun.

Beruntung, Letkol John Macrae-Gilstrap membeli pulau kecil tempat kastil ini berdiri.

Bersama rekannya, Farquhar MacRae, keduanya merestorasi Kastil Eilean Donan selama 20 tahun. Restorasi total tersebut menjelma kastil tua dengan tampilan yang kurang lebih persis menyerupai Kastil Eilean Donan pada abad ke-17.

(Wikimedia Commons Krb and Nah)
(Wikimedia Commons Krb and Nah)

 

Menyambangi kastil tiga lantai ini, kita dapat menyimak jembatan batu, lubang-lubang di dinding yang berfungsi guna menembak musuh, hingga sebuah aula besar lengkap dengan perapian, meja makan serta ruangan penginapan.

Nah, berlibur ke Skotlandia, pastikan Kastil Eilean Donan masuk dalam itinerary kamu ya!

Berita Terkait

Berita Terkini