Mengungkap Asal Usul Topi Panama

Seperti apa?

Dany Garjito | Aditya Prasanda
Rabu, 11 September 2019 | 19:00 WIB
(Wikimedia Commons Alex Proimos)

(Wikimedia Commons Alex Proimos)

Guideku.com - Dalam dunia fesyen, panama hat atau topi panama begitu identik dengan gaya berbusana nan elegan dan mewah.

Beberapa selebritis bahkan mengenakannya sebagai identitas, macam Sean Connery, Johnny Depp hingga penulis Ernest Hemingway.

Sementara beberapa dari kita, barangkali familiar melihatnya dalam film-film berlatar pantai nan tropikal hingga film bergenre detektif.

Namun tahukah kamu di balik kepopulerannya, topi ini sejatinya bukan berasal dari Panama di Amerika Tengah? Melainkan berasal dari Ekuador di Amerika Selatan.

Ekuador kebanjiran untung tatkala Terusan Panama yang menghubungkan Amerika Tengah dan Amerika Selatan dibangun pada pertengahan abad ke-19.

Para pengrajin di negara yang bertempat beberapa ratus mil dari Panama ini melihat peluang menghasilkan uang dari topi garapan mereka.

Topi yang begitu banyak dikenakan para buruh pekerja di Terusan Panama ini bahkan dibeli Pemerintah Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung, 50 ribu topi Panama diboyong pemerintah AS untuk dikenakan para pasukan selama Perang AS-Spanyol berkecamuk.

Seiring berjalannya waktu topi ini beralih kedudukan ketika sejumlah pesohor mengenakannya, macam Presiden AS, Theodore Roosevelt yang mengenakan topi Panama tatkala menghadiri tur penggalian Terusan Panama.

Topi Panama yang tadinya dikenakan buruh pekerja seiring waktu menjadi item fesyen berkelas dan bergengsi tinggi tatkala sejumlah nama tenar saat itu mengenakannya macam Humphrey Bogart, Clark Gable hingga Winston Churchill. Demikian kepopuleran tersebut dirawat hingga hari ini, topi Panama kerap diidentikkan dengan fesyen bergengsi, serba 'wangi' dan serba eksklusif.

TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak