Travel

Monumen Cinta Sejati, Tempat Kisah Habibie Ainun Diabadikan

Kisah cinta Habibie Ainun sudah lama menginspirasi banyak orang.

Galih Priatmojo | Amertiya Saraswati

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun (Google Maps)
Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun (Google Maps)

Guideku.com - Presiden ketiga Indonesia Bacharudin Jusuf Habibie atau BJ Habibie tutup usia pada hari Rabu (11/09/2019) kemarin di RSPAD Gatot Subroto.

BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun, menyusun Hasri Ainun Besari yang sudah lebih dulu berpulang pada 22 Mei 2010 silam.

Dikabarkan, BJ Habibie akan dimakamkan tepat di sebelah makam Ainun di TMP (Taman Makam Pahlawan) Kalibata.

Kisah cinta Habibie dan Ainun sendiri bisa dibilang termahsyur. Banyak rakyat Indonesia yang mendoakan agar kini Habibie dapat bertemu kekasih hatinya di keabadian.

Kisah mereka sendiri pernah diangkat dalam film layar lebar Habibie & Ainun. Selain itu, ada pula monumen yang mengabadikan kisah cinta keduanya.

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun (Google Maps)
Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun (Google Maps)

Monumen yang dimaksud berada di kota Parepare, Sulawesi Selatan. Untuk menggambarkan betapa besar rasa cinta di antara keduanya, monumen tersebut dinamai Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun.

Dirangkum dari berbagai sumber, monumen ini diresmikan pada tanggal 12 Mei 2015 silam oleh BJ Habibie.

Pada monumen tersebut, tampaklah sosok Habibie yang mengenakan jas, peci, dan kacamata sedang merangkul Ainun yang memakai kerudung dan menggenggam tangkai bunga.

Disebutkan pula, monumen ini merupakan kado pernikahan dari Habibie ke Ainun untuk ulang tahun pernikahan mereka yang ke-53.

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun (Wikimedia Commons)
Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun (Wikimedia Commons)

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun sendiri terbuat dari perunggu dan dikelilingi oleh air mancur.

Kemudian, ada pula anak tangga di belakang patung Habibie-Ainun yang dapat dinaiki wisatawan untuk melihat foto-foto Habibie dan Ainun.

Mulai dari foto masa kecil BJ Habibie, foto Habibie-Ainun saat menetap di Jerman, hingga foto Habibie saat menjadi Presiden RI dapat ditemukan di sini.

Tak heran, monumen ini selalu ramai baik oleh warga lokal dan wisatawan yang terinspirasi oleh kisah cinta BJ Habibie dan Ainun.

Kini, monumen ini pun akan menjadi salah satu pengingat bagi bangsa Indonesia akan kisah cinta sejati antara BJ Habibie dan Hasri Ainun Besari yang tetap abadi.

Berita Terkait

Berita Terkini