Travel

Pilot Tak Sengaja Tumpahkan Kopi, Pesawat Terpaksa Mendarat Darurat

Wah, apa hubungannya kopi dengan pendaratan darurat ya?

Angga Roni Priambodo | Arendya Nariswari

Ilustrasi Kokpit Pesawat (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi Kokpit Pesawat (Pixabay/skeeze)

Guideku.com - Beberapa waktu lalu sebuah pesawat harus  mendarat darurat setelah seorang pilot secara tak sengaja menumpahkan kopi di atas panel kontrol kokpit.

Air Accidents Investigation Branch (AAIB) menyebutkan, bahwapesawat milik Condor Airlines ini harus melakukan pendaratan darurat ketika sedang menempuh perjalanan dari Frankurt, Jerman, menuju Cancun Meksiko.

"Percikan kopi panas tadi melelehkan salah satu tombol pada panel kontrol di dalam kokpit pesawat." sebut AAIB.

Dilansir Suara.com dari laman Fox News, Sabtu (14/9/19), akhirnya pesawat mendarat darurat di Shannon, Irlandia, setelah kokpit sempat dipenuhi sejumlah asap kecil.

Pesawat dengan nomor penerbangan DE2116 ini sedang berada di atas Samudera Atlantik Utara saat sang pilot meletakkan secangkir kopi tanpa pada bagian atas meja nampan kokpit. Mendadak, kopi yang dibawanya itu jatuh ke panel kontrol kokpit pesawat.

Pesawat milik maskapai Condor Airlines. (Pixabay/Hans)
Pesawat milik maskapai Condor Airlines. (Pixabay/Hans)

 

Sebagai tindakan antisipasi, saat penerbangan menuju Shannon, masker oksigen dikeluarkan.

Beruntung, tidak ada satu pun dari 326 penumpang dan 11 awak kabin yang mengalami cedera serius dalam kejadian tersebut.

"Penerbangan DE2116 dari Frankurt menuju Cancun dialihkan ke Bandara Shanon sebagai tindakan pencegahan, karena keluar asap kecil dari kokpit, setelah sempat ketumpahan cairan," tutur juru bicara Condor Airlines.

"Setelah sempat diperiksa dan diperbaiki oleh tim kami, penerbangan dilanjutkan melalui Manchester,"imbuhnya.

"Keselamatan selalu menjadi prioritas utama kami, insiden sedang kami selidiki lebih lanjut. Kami selalu menghimbau para kru untuk menggunakan wadah minum yang sudah diseiakan untum menaruh kopi mereka."

"Kami juga meminta maaf kepada para penumpang atas ketidaknayamanan yang timbul akibat insiden ini," tutup juru bicara Condor Airlines.

Berita Terkait

Berita Terkini