Promosikan Kota Seoul, Ini 5 Wisata Budaya Rekomendasi BTS

BTS kembali dipilih menjadi ikon pariwisata untuk Visit Seoul.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Selasa, 17 September 2019 | 13:00 WIB
BTS untuk Visit Seoul 2019 (youtube.com/VisitSeoul TV)

BTS untuk Visit Seoul 2019 (youtube.com/VisitSeoul TV)

Guideku.com - Untuk ketiga kalinya, boyband BTS kembali dipilih menjadi duta pariwisata kota Seoul. BTS diketahui sudah menjadi ikon Visit Seoul sejak tahun 2017.

Melalui kanal VisitSeoul TV, BTS pun merilis aneka video promosi kota Seoul yang bertajuk "I SEOUL U".

Dalam video-video tersebut, ketujuh member BTS tampak mempromosikan aneka macam destinasi wisata menarik yang ada di Seoul. BTS juga mengajak turis untuk membagikan momen-momen berkesan mereka di Seoul.

Baca Juga: Lagi, Jungkook BTS Bikin Minuman Ini Ludes Terjual

Sebagai ibukota Korea Selatan, Seoul memang terkenal punya objek wisata yang lengkap. Mulai dari wisata alam, festival, pasar, hingga wisata budaya dapat ditemukan di sini.

Kali ini, GuideKu.com pun telah merangkum beberapa destinasi wisata budaya yang diperkenalkan BTS lewat video promosi Visit Seoul. Seperti apa serunya wisata budaya di Korea Selatan?

1. Seoul Folk Flea Market

Baca Juga: BTS Banget, 4 Destinasi di Korea Selatan ini Wajib Dikunjungi Para Army

Rekomendasi Wisata Budaya dari Video Visit Seoul BTS (visitseoul.net)
Rekomendasi Wisata Budaya dari Video Visit Seoul BTS (visitseoul.net)

Seoul Folk Flea Market adalah pasar loak terbesar yang ada di Korea Selatan. Di sini, wisatawan dapat menemukan aneka macam barang tradisional Korea, suvenir, hingga barang sehari-hari.

Tidak hanya itu, Seoul Folk Flea Market juga menjual aneka macam tradisional Korea. Turis yang berjalan-jalan di sini akan dibawa untuk mengenal gaya hidup orang Korea di masa lalu.

Seoul Folk Flea Market sendiri dibagi menjadi 7 zona mengikuti warna pelangi. Melansir dari laman Visit Seoul, warna merah adalah untuk food court, oranye untuk barang-barang khas tiap daerah, kuning untuk barang-barang vintage, dan hijau untuk furnitur serta barang seni antik.

Baca Juga: Intip Serunya Liburan ala BTS di Spot-Spot Ini!

Kemudian, ada zona biru yang menjual aneka aksesoris, nila untuk aneka pakaian dan kaligrafi tradisional, serta ungu untuk barang-barang lainnya.

Selain berbelanja, turis juga dapat menikmati permainan Pungmulpae atau band perkusi tradisional yang digelar sepanjang tahun.

2. Namsangol Hanok Village

Rekomendasi Wisata Budaya dari Video Visit Seoul BTS (visitseoul.net)
Rekomendasi Wisata Budaya dari Video Visit Seoul BTS (visitseoul.net)

Selain Bukchon Hanok Village, Seoul juga punya Namsangol Hanok Village yang tak kalah indah. Bagi yang belum tahu, hanok sendiri merupakan nama dari rumah tradisional Korea.

Di Namsangol Hanok Village, turis dapat menemukan 5 hanok dari era Dinasti Joseon. Kelima hanok tersebut juga menggambarkan lima kelas pemilik yang berbeda, mulai dari pegawai pemerintah, bangsawan, hingga rakyat kelas menengah.

Selain berjalan-jalan melihat hanok, wisatawan di sini juga dapat melakukan berbagai macam aktivitas tradisional khas Korea Selatan.

Beberapa contohnya adalah memakai hanbok, menikmati pertunjukan seni, menjajal panahan, melihat sesi pernikahan tradisional, hingga bermain permainan tradisional yutnori.

3. Seoul Bamdokkaebi Night Market

Rekomendasi Wisata Budaya dari Video Visit Seoul BTS (visitkorea.or.kr)
Rekomendasi Wisata Budaya dari Video Visit Seoul BTS (visitkorea.or.kr)

Seoul Bamdokkaebi Night Market adalah event tahunan serupa pasar malam yang digelar oleh pemerintah kota Seoul. Di tahun 2019 ini, Bamdokkaebi Night Market akan digelar pada 5 April - 27 Oktober 2019.

Nama Bamdokkaebi sendiri dapat diartikan sebagai "Night Goblin" atau karakter hantu dalam kisah fantasi Korea. Sesuai namanya, suasana di pasar ini akan dibuat layaknya dunia fantasi.

Di pasar Seoul Bamdokkaebi ini, wisatawan dapat menikmati kuliner dari seluruh dunia, berbelanja aksesoris buatan tangan, dan menikmati aneka pertunjukan budaya.

4. Daeo Bookstore

Rekomendasi Wisata Budaya dari Video Visit Seoul BTS (visitseoul.net)
Rekomendasi Wisata Budaya dari Video Visit Seoul BTS (visitseoul.net)

Dae-o Bookstore adalah toko buku tertua yang terletak di Seoul. Toko ini berada di daerah Seochon, dan interior klasiknya masih dipertahankan hingga sekarang.

Toko buku ini awalnya dibangun pada tahun 1951. Setelah puluhan tahun bertahan, kota Seoul pun akhirnya mendeklarasikan toko buku ini sebagai warisan budaya.

Selain menjual buku-buku bekas, pemilik Daeo Bookstore juga membuka kafe yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Saking terkenalnya, toko buku ini pernah dipakai untuk syuting berbagai acara televisi. Penyanyi IU juga diketahui pernah syuting video musik di depan toko buku Daeo.

Tak hanya itu, RM BTS ternyata juga pernah jalan-jalan dan berfoto di Daeo Bookstore serta meninggalkan tanda tangannya di sana, lho.

5. Bosingak Belfry

Rekomendasi Wisata Budaya dari Video Visit Seoul BTS (visitseoul.net)
Rekomendasi Wisata Budaya dari Video Visit Seoul BTS (visitseoul.net)

Terakhir, ada Bosingak Belfry atau sebuah lonceng raksasa yang terletak di Bosingak Pavillion, Jongno-gu, Seoul.

Pada era dinasti Joseon, Bosingak Belfry digunakan untuk mengetahui waktu. Lonceng ini akan dibunyikan 33 kali pada pukul 4 pagi, kemudian 28 kali pada pukul 10 malam.

Kini, Bosingak Belfry menjadi salah satu landmark ikonik dan bersejarah di Korea Selatan. Wisatawan dan warga pun dapat menyaksikan upacara membunyikan lonceng setiap hari, kecuali pada hari Senin.

Upacara itu sendiri akan digelar tiap pukul 11.20 siang, dan berlangsung selama 1 jam lamanya. Sebagai tambahan, lonceng ini juga akan dibunyikan pada 31 Desember untuk menandai tahun baru.

Berita Terkait TERKINI
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Tampilkan lebih banyak