Bayari Tiket PP Pesawat, Wiranto Dapat Tantangan Tak Bermasker di Riau

Tantangan tersebut datang dari salah satu anggota DPRD Riau.

Dany Garjito
Sabtu, 21 September 2019 | 14:57 WIB
Menkopolhukam Wiranto (tengah), Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kanan), dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Suara.com/Ummi Saleh)

Menkopolhukam Wiranto (tengah), Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kanan), dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Suara.com/Ummi Saleh)

Guideku.com - Anggota DPRD Riau dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhammad Adil berang dengan pernyataan Menkopolhukam Wiranto dan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Muhammad Iqbal yang menyebut bahwa kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tidak separah seperti pemberitaan di media.

Terkait pernyataaan tersebut, Adil menantang Wiranto dan Iqbal untuk datang ke Riau tanpa mengenakan masker.

"Ya sudah suruh mereka kemari, jangan cakap-cakap aja. Saya minta Pak Wiranto sama Kadiv Humas itu tegak di sini, di luar ruangan tanpa masker. Rasakan sendiri, ada tidak asapnya?" tantang M Adil kepada Riauonline--jaringan Suara.com, Jumat (20/9/2019).

Baca Juga: Asap Kebakaran Hutan Amazon Selimuti Langit Brasil, Ini 5 Potretnya

Dari tantangan tersebut, Adil mengaku siap memfasilitasi tiket pesawat Jakarta-Pekanbaru kepada Wiranto dan Iqbal jika berani untuk menjawab tantangannya agar bisa merasakan kepulan asap Karhutla yang mengepung warga Riau selama tiga bulan terakhir. 

"Iya, nanti bisa kita siapkan," katanya. 

Disinggung mengenai komentarnya kondisi kabut asap sekarang, Adil enggan memberi komentar. Alasannya, dia mengaku sudah terlalu sering menyuarakan kabut asap ini, namun kondisi tidak juga berubah.

"Saya dah malas komentar soal asap ini, sudah lemas saya, suruh mereka (Wiranto dan M Iqbal) ke sini saja deh," katanya.

Baca Juga: Menyibak Fenomena Hutan Bernapas di Kanada

Sementara itu, tokoh masyarakat Riau, Hj Azlaini Agus, SH, MH mengatakan, apa dilakukan keduanya, Wiranto dan Iqbal tak lebih dari bagian pencitraan dibentuk.

Termasuk, dengan apa dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pelalawan, Riau, tanpa mengenakan masker sekalipun.

"Keduanya, Wiranto dan Iqbal, sedang membuat pencitraan. Presiden, termasuk Wiranto dan lain-lain, berkunjung ke lokasi Karhutla di Riau, Senin dan Selasa pekan ini, tanpa memakai masker," kata Agus kepada RIAUONLINE.CO.ID.

"Dengan begitu memberi kesan seakan-akan Karhutla dan asap tebal di Riau tidak parah."

Mantan Wakil Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) ini menjelaskan, sehari setelah Presiden Jokowi kembali ke Jakarta, keluarlah pernyataan Wiranto, disusul hari ini dengan statement petinggi Polri.

Baca Juga: Jiwajawi, Restoran dengan Suasana Hutan di Bantul Yogyakarta

Kedua pejabat negara itu sama-sama menyatakan, Karhutla di Riau tidak separah pemberitaan.

"Padahal, Malaysia yang menerima dampak asap kiriman saja (dari Indonesia), sudah meliburkan anak sekolah dan para pekerja baik pegawai kerajaan (Government Officials) maupun pegawai swasta (Corporate Officials) sejak kemarin, Kamis," jelasnya.

SUARA.com/Agung Sandy Lesmana

Artikel ini sudah dimuat di Riauonline.co.id jaringan Suara.com dengan judul: Anggota DPRD Riau Ini Tantang Wiranto Dan Iqbal Ke Riau Tanpa Masker 

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak