Travel

Gunung Luhur Ditutup, 4 Destinasi di Atas Awan Ini Bisa Jadi Alternatif

Gunung Luhur harus ditutup sementara demi pembangunan infrastruktur.

Galih Priatmojo | Amertiya Saraswati

Gunung Luhur, Negeri di Atas Awan Lebak Banten. (Instagram/@dakoikul_a)
Gunung Luhur, Negeri di Atas Awan Lebak Banten. (Instagram/@dakoikul_a)

Guideku.com - Travelers tentunya tahu wisata Negeri di Atas Awan Gunung Luhur yang viral beberapa saat lalu. Namun, layaknya destinasi populer lain, turis pun memenuhi Gunung Luhur hingga menyebabkan kemacetan.

Kini, wisata di Gunung Luhur pun harus ditutup sementara. Penutupan ini dilakukan dalam rangka pembangunan fasilitas dan infrastuktur untuk menunjang wisatawan.

Selagi menunggu wisata negeri di atas awan Gunung Luhur dibuka kembali, tidak ada salahnya jika travelers mengunjungi spot-spot lain yang juga menawarkan keindahan negeri di atas awan.

Dirangkum Suara.com dari berbagai sumber, inilah beberapa destinasi wisata di atas awan yang tak kalah indah dari Gunung Luhur. Yuk simak!

1. Bukit Banyon

4 Alternatif Wisata di Atas Awan (instagram.com/mahrus_id)
4 Alternatif Wisata di Atas Awan (instagram.com/mahrus_id)

Bukit Banyon di Trenggalek menjadi salah satu destinasi yang juga menawarkan keindahan negeri di atas awan pada ketinggian 1.175 meter.

Selain menikmati indahnya awan yang bergulung, wisatawan di Bukit Banyon juga bisa melihat matahari terbit, matahari terbenam, hingga negeri bintang kala malam tiba.

Untuk tiba di Bukit Banyon, wisatawan dapat menggunakan mobil atau motor. Bukit Banyon terletak kurang lebih 13 km dari pusat kota Trenggalek.

2. Bukit Panguk

4 Alternatif Wisata di Atas Awan (instagram.com/pariwisatajogja)
4 Alternatif Wisata di Atas Awan (instagram.com/pariwisatajogja)

Bagi travelers yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya, Bukit Panguk yang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul bisa menjadi alternatif negeri di atas awan.

Selain menikmati keindahan alam yang ada dari ketinggian, travelers juga dapat memanfaatkan aneka spot berfoto nan Instagenic yang ada di sini.

Salah satu spot yang disukai dan banyak digunakan untuk berfoto adalah gardu pandang di Bukit Panguk. Namun, ingatlah untuk berhati-hati karena gardu pandang ini memiliki kapasitas maksimal 10 orang saja.

3. Gunung Telomoyo

4 Alternatif Wisata di Atas Awan (instagram.com/pendakibisa)
4 Alternatif Wisata di Atas Awan (instagram.com/pendakibisa)

Berada di ketinggian 1.894 mdpl, Gunung Telomoyo di Jawa Tengah bisa dijadikan alternatif wisata bagi Anda yang malas mendaki. Pasalnya, puncak Gunung Telomoyo dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan.

Jika cuaca sedang cerah, wisatawan dapat menyaksikan keindahan negeri di atas awan beserta dengan sunrise atau sunset yang memukau.

Selain itu, panorama Gunung Andong, Gunung Sumbing, Gunung Ungaran, dan Gunung Merbabu juga dapat terlihat dari puncak Telomoyo ini.

4. Kampung Lolai

4 Alternatif Wisata di Atas Awan (instagram.com/aresjonekson)
4 Alternatif Wisata di Atas Awan (instagram.com/aresjonekson)

Terakhir, ada kampung Lolai di Toraja Utara, Sulawesi Selatan yang berada di ketinggian 1.300 mdpl. Kampung Lolai merupakan destinasi Negeri di Atas Awan Toraja yang disukai banyak wisatawan.

Bukan hanya berfoto dengan latar belakang awan yang bergulung, di sini wisatawan juga dapat melihat rumah-rumah tradisional Toraja dan pemandangan alam yang indah.

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat berkemah jika ingin melihat indahnya matahari terbit di Kampung Lolai.

Itulah 4 negeri di atas awan selain Gunung Luhur yang bisa dijadikan alternatif wisata.

Berita Terkait

Berita Terkini