Travel

Di Balik Pendaran Warna Zhangye Danxia nan Menawan

Istimewa.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

Zhangye Danxia di China. (Flickr/Le Petit Voyageur)
Zhangye Danxia di China. (Flickr/Le Petit Voyageur)

Guideku.com - Membentang seluas 300 meter persegi di Provinsi Gansu, China, pegunungan pelangi, Zhangye Danxia menyuguhkan pesona relief bebatuan puspa warna nan memanjakan mata.

Menyambangi pegunungan yang berada di Zhangye Danxia Landform Geological Park ini, akan kita simak tampilan warna cerah dari hijau zamrud, cokelat, kuning, biru hingga merah yang berkelindan pada relief bebatuannya nan menawan.

Laporan China Highlights menyebut sebelum menjadi gunung puspa warna yang dikenal hari ini, Zhangye Danxia jutaan tahun lalu merupakan permukaan dasar samudera lepas.

Tumbukan lempeng tektonik di dasar laut membuat permukaan dasarnya berlipat dan membuncah ke luar.

Letusan gunung berapi di dasar laut yang terjadi berkali-kali jutaan tahun silam lantas memunculkan bongkahan pegunungan serta zat-zat di dasar bumi macam kalsium, besi, tembaga, klorit dan sulfida.

Bermacam warna pada permukaannya kemudian terbentuk akibat fenomena geomorfologi petrografi, yakni erosi dan endapan menahun yang menciptakan formasi bebatuan dari pasir merah dan mineral.

Selain Zhangye Danxia, fenomena pegunungan pelangi juga dapat kita temukan di beberapa titik di belahan dunia lainnya. Antara lain pegunungan Brennisteinsalda di Islandia, pegunungan Cerro de los Siete Colores di Argentina hingga Gunung Ausangate di Peru.

Berita Terkait

Berita Terkini