Travel

RA Nadia Ayu, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang Menarik Atensi Warganet

Nyi Raden Wedana Kismaretnapuspita memilih mengabdi diri di Keraton Yogyakarta.

Dany Garjito

RA Nadia Ayu Cahyaningtyas - (Instagram/@ra.nadiaayu)
RA Nadia Ayu Cahyaningtyas - (Instagram/@ra.nadiaayu)

Guideku.com - RA Nadia Ayu Cahyaningtyas, sosoknya langsung mencuri perhatian warganet, khususnya di DI Yogyakarta, begitu mereka tahu, di usianya yang masih muda, ia memilih mengabdikan diri untuk Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Hal tersebut dikabarkan oleh akun resmi Instagram @kratonjogja, Selasa (1/10/2019).

Dikutip dari situs web resmi Keraton Jogja, Nadia lulus pada 2017. Begitu tamat kuliah, alumnus Universitas Mercu Buana Yogyakarta itu melamar pekerjaan di sejumlah perusahaan.

Namun, ada yang mengganjal di hatinya. Lantas, tak lama setelah mendapat panggilan dari perusahaan, ia menuruti kata hati ketika ayahnya mendapat dawuh dari Gusti Hadiwinata supaya ia bertugas di Keraton.

Abdi Dalem yang diwisuda di Keraton pada Januari 2018 itu kemudian mengemban tugas yang tak mudah di Panitikisma, bagian yang mengurus tanah-tanah milik Keraton.

RA Nadia Ayu Cahyaningtyas - (Instagram/@kratonjogja)
RA Nadia Ayu Cahyaningtyas - (Instagram/@kratonjogja)

 

Ia mengatakan, tugas di Panitikisma berhubungan dengan geografi dan hukum, sementara dulunya dia kuliah jurusan ekonomi manajemen.

Meski begitu, tantangan terebut tetap dijalani Abdi Dalem dengan Paring Dalem Nyi Raden Wedana Kismaretnapuspita ini, dan setelah dua bulan bekerja di Panitikisma, cicit istri Sultan Hamengkubuwana VIII ini diamanati tugas tambahan di Wahana Sarta Kriya. Dirinya belajar ladosan, menyajikan sajen, dan caos dhahar di situ.

Warganet pun terkesima dengan keputusan Nadia untuk menuruti panggilan jiwanya. Pujian untuk cucu almarhum Gusti Hadiwidjojo, Mantan Kepala Tepas Wahana Sarta Kriya ini pun membanjiri unggahan @kratonjogja.

"Salut," ungkap @erwinhsu.

"Mantul Mbak Ayu, tetap lestarikan budaya Kraton," komentar @iis_syaifullah.

"Respek (emoji tangan mengatup)," tambah @raddienz_win.

SUARA.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Berita Terkait

Berita Terkini