Travel

Jadi Kediaman Presiden Indonesia Terpilih, Ini 5 Fakta Istana Merdeka

Apa saja?

Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda

(Wikimedia Commons Musnah Terinjak)
(Wikimedia Commons Musnah Terinjak)

Guideku.com - Kediaman resmi sekaligus kantor Presiden Indonesia ini bernama Istana Merdeka.

Bersama Istana Negara, salah satu bangunan dalam komplek istana kepresidenan ini menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas) di Jalan Merdeka Utara, Jakarta.

Nantinya, presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan banyak berkegiatan di komplek kepresidenan ini.

Nah, seperti halnya Istana Negara, Istana Merdeka juga memiliki sederet fakta menarik lho. Seperti dihimpun Suara.com dari berbagai sumber berikut. Apa saja?

Mulanya Istana Gambir

Sebab ditanami banyak pohon gambir, Istana Merdeka yang mulanya bernama Istana Koningsplein dan diresmikan pada 1879 ini disebut sebagai Istana Gambir.

Lantas pada 28 Desember 1949, pasca penyerahan kedaulatan dari Kerajaan Belanda pada Indonesia, bangunan seluas 2.400 meter persegi ini dinamakan Istana Merdeka yang terinspirasi dari pekik 'Merdeka' rakyat Indonesia.

Bendera merah putih rajutan Fatmawati ada di sini

Bendera rajutan Fatmawati, istri ketiga Presiden Soekarno masih tersimpan rapi di salah satu ruangan khusus di Istana Merdeka lho.

Jokowi menerima kunjungan senat parlemen Republik Ceko di Istana Merdeka, Senin (17/9/2018). (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)
Jokowi menerima kunjungan senat parlemen Republik Ceko di Istana Merdeka, Senin (17/9/2018). (Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

 

Ruangan Jepara

Saat bertemu tamu-tamu negara di Istana Merdeka, Presiden RI akan menjamu mereka di Ruangan Jepara yang dipenuhi aneka perabotan berbahan kayu Jepara.

Gazebo penghubung dua istana

Dahulu, gazebo penghubung antara Istana Merdeka dan Istana Negara ini difungsikan sebagai tempat belajar anak-anak Belanda dan guru-guru mereka. Kini gazebo tersebut kerap difungsikan keluarga presiden untuk melepas penat.

Lapangan mini golf

Saat masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhono, sebuah area taman di komplek Istana Kepresidenan disulap jadi lapangan mini golf demi mengakomodir hobi sang presiden.

Berita Terkait

Berita Terkini