Menengok Ulu Kasok, Raja Ampat yang Terletak di Sumatra

Ternyata, Sumatra juga punya Raja Ampat mereka sendiri, lho.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Senin, 04 November 2019 | 15:00 WIB
Ulu Kasok, Raja Ampat-nya Sumatra (Google Maps)

Ulu Kasok, Raja Ampat-nya Sumatra (Google Maps)

Guideku.com - Siapa tak tahu Raja Ampat? Destinasi di Papua ini terkenal dengan panorama pulau-pulau karang yang tampak mengapung di lautan biru, serta senantiasa menjadi favorit turis mancanegara.

Meski begitu, Raja Ampat tidak hanya bisa ditemukan di daerah timur Indonesia saja. Bagi travelers yang berada di pulau Sumatra, ada Raja Ampat mini yang dapat ditemukan di Kepulauan Riau.

Nama Raja Ampat mini tersebut adalah Ulu Kasok. Letaknya ada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Baca Juga: Serupa Pulau Wayag di Raja Ampat, Cantiknya Ha Long Bay di Vietnam

Di destinasi wisata ini, wisatawan bisa melihat gugusan kepulauan yang tampak mirip dengan Raja Ampat. Jika dilihat dari atas, Ulu Kasok memang serupa dengan Raja Ampat.

Meski begitu, gugusan pulau di Ulu Kasok bukanlah pulau atau karang sungguhan. Di Ulu Kasok, wisatawan juga tidak akan menemukan pasir pantai yang putih.

Ulu Kasok, Raja Ampat-nya Sumatra (instagram.com/pwgdochi)
Ulu Kasok, Raja Ampat-nya Sumatra (instagram.com/pwgdochi)

Pasalnya, Ulu Kasok ini berada di tengah sebuah danau. Dulunya, Ulu Kasok memang merupakan sebuah desa yang dihuni penduduk.

Baca Juga: Menyibak Pesona 4 Pulau Tercantik di Raja Ampat

Namun, karena sebuah proyek PLTA di tahun 1991, penduduk desa tersebut terpaksa direlokasi. Lantas, wilayah yang ada ditenggelamkan.

Meski begitu, tidak semua bukit-bukit yang ada di sana tenggelam sepenuhnya. Puncak bukit-bukit itulah yang lantas terlihat seperti gugusan pulau, dan menjadikan Ulu Kasok mirip Raja Ampat mini.

Ulu Kasok, Raja Ampat-nya Sumatra (instagram.com/chin_8777)
Ulu Kasok, Raja Ampat-nya Sumatra (instagram.com/chin_8777)

Selain berfoto dengan latar belakang gugusan pulau yang ditumbuhi hutan lebat, Ulu Kasok juga menawarkan atraksi wisata lain yaitu air terjun dan wisata pulau.

Baca Juga: Berlibur ke Raja Ampat Sepanjang Juni 2019, Waspada Gelombang Angin Selatan

Meski begitu, tidak bisa dipungkiri jika wisata di Puncak Ulu Kasok sembari berfoto dengan latar belakang Raja Ampat mini menjadi favorit para turis.

Untuk mencapai puncak Ulu Kasok sendiri, travelers harus siap mendaki bukit setinggi 500 meter. Sementara bagi Anda yang tak ingin mendaki, bisa menggunakan jasa ojek yang ada di Ulu Kasok.

Biaya masuk ke kawasan Ulu Kasok sendiri terbilang murah, yaitu hanya Rp 10.000 saja dan Rp 15.000 bagi yang ingin wisata ke pulau-pulau kecil di Ulu Kasok.

Tertarik jalan-jalan ke Raja Ampat-nya Sumatra ini?

Berita Terkait TERKINI
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Garut ini menawarkan berbagai atraksi alam, kuliner lezat, dan kegiatan seru untuk pengunjung yang ingin menghabiskan wa...
travel | 19:34 WIB
Jika kamu belum menentukan destinasi wisata untuk libur Tahun Baru, bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang berada d...
travel | 19:20 WIB
Terdapat sejumlah destinasi wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan untuk anak-anak selama liburan....
travel | 08:49 WIB
Dirangkum oleh Guideku, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi saat libur Natal dan Tahun ...
travel | 10:00 WIB
Tampilkan lebih banyak