Travel

Transportasi ke Museum Benteng Vredeburg, Spot Wisata Sejarah Indonesia

Museum yang terletak di kawasan nol kilometer ini tergolong mudah dicapai.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta (Guideku.com/Amertiya)
Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta (Guideku.com/Amertiya)

Guideku.com - Salah satu destinasi wisata yang dapat disambangi kala berada di kawasan Malioboro dan titik nol kilometer Yogyakarta adalah Museum Benteng Vredeburg.

Tak cuma menyajikan bangunan benteng yang masih terawat apik dan instagenic, museum ini juga menyimpan sejarah panjang perjuangan bangsa.

Museum Benteng Vredeburg sendiri berlokasi di Jalan Margo Mulyo No. 6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Yogyakarta.

Bangunan Benteng Vredeburg ini juga berlokasi tepat di sebelah Gedung Agung, salah satu istana kepresidenan yang ada di Yogyakarta. Selain itu, Benteng Vredeburg juga berada dekat kantor BNI 1946, kantor Pos Indonesia, dan Bank Indonesia.

Untuk mencapai bangunan benteng yang dicat putih dan berdiri gagah di salah satu sudut nol kilometer Yogya ini, wisatawan dapat memanfaatkan berbagai transportasi hingga berjalan kaki. Berikut rangkumannya.

1. Jalan kaki

Wisatawan yang sedang berada di kawasan Malioboro dapat mencapai Museum Benteng Vredeburg dengan cara berjalan kaki. Jika ditempuh dari Jalan Malioboro, wisatawan cukup berjalan selama 15 menit lamanya dengan jarak sekitar 1 km.

Selain mengunjungi Museum Benteng Vredeburg, wisatawan juga bisa memanfaatkan kesempatan yang ada untuk melihat-lihat keramaian di kawasan Malioboro.

2. Becak

Transportasi di Kawasan Malioboro dan Benteng Vredeburg (Guideku.com/Amertiya)
Transportasi di Kawasan Malioboro dan Benteng Vredeburg (Guideku.com/Amertiya)

Bagi Anda yang tidak ingin jalan kaki namun masih ingin menikmati kawasan Malioboro, becak bisa menjadi alternatif.

Moda transportasi tradisional ini bisa ditemukand engan mudah di sekitar kawasan Malioboro. Biasanya, tukang becak di sekitar Malioboro akan mematok harga Rp 10.000 hingga Rp 15.000 untuk turis.

3. Andong

Selain becak, andong juga menjadi transportasi tradisional yang bisa dijajal. Kereta yang ditarik kuda ini bisa ditemukan dengan mudah di kawasan Malioboro.

Andong bisa menjadi pilihan transportasi yang cocok bagi Anda yang pergi wisata dengan teman atau keluarga.

4. Trans Jogja

Transportasi di Kawasan Malioboro dan Benteng Vredeburg (Guideku.com/Amertiya)
Transportasi di Kawasan Malioboro dan Benteng Vredeburg (Guideku.com/Amertiya)

Terakhir, wisatawan dapat menggunakan Trans Jogja yang haltenya tersebar di kawasan Malioboro. Total, ada tiga halte Trans Jogja di Malioboro.

Untuk berkunjung ke Benteng Vredeburg, wisatawan cukup turun di Halte Malioboro 3 dan berjalan sedikit ke arah selatan.

Sementara, bus Trans Jogja yang melewati halte tersebut adalah bus jalur 1A (dari arah Bandara Adisucipto dan Prambanan), 2A (dari Terminal Jombor dan Monumen Jogja Kembali), 3A (dari UGM), dan jalur 8 (dari Terminal Jombor dan Demak Ijo.

Berita Terkait

Berita Terkini