Travel

Mandalika Jadi Destinasi Super Prioritas, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan

Mandalika bisa menjadi destinasi yang cocok bagi pecinta alam dan pantai.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Mandalika, Lombok Tengah (Google Maps)
Mandalika, Lombok Tengah (Google Maps)

Guideku.com - Dalam waktu dekat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama beserta wakilnya Angela Tanoesodibjo akan menengok lima Destinasi Super Prioritas di Indonesia.

Salah satu Destinasi Super Prioritas tersebut adalah Mandalika, Lombok Tengah.

Selama ini, Lombok memang sudah lama dikenal sebagai destinasi yang menawarkan pesona alam dan aneka macam wisata bahari.

Meski begitu, Mandalika akan digarap secara khusus sehingga potensinya bisa lebih tergali dan menarik lebih banyak wisatawan.

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Mandalika atau punya niat untuk berlibur ke sana, kali ini GuideKu.com merangkum 5 atraksi wisata yang bisa disambangi. Mana saja?

1. Bukit Merese

Wisata di Mandalika (instagram.com/journeyofmaztra)
Wisata di Mandalika (instagram.com/journeyofmaztra)

Bukit Merese adalah spot yang terkenal di Mandalika dan cocok digunakan untuk menikmati keindahan panorama sekitar dari ketinggian.

Untuk mencapai puncak bukit ini, wisatawan memang harus siap mendaki selama 30 menit lamanya. Meski begitu, pesona alam yang ada di Bukit Merese dijamin akan membuat lelah hilang.

2. Pantai Tanjung Aan

Wisata di Mandalika (instagram.com/igor.pineu)
Wisata di Mandalika (instagram.com/igor.pineu)

Mandalika punya banyak spot pantai berpasir putih yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan.

Pantai ini memiliki garis pantai yang berbentuk bulan sabit dengan pasir putih halus. Selain itu, ada pula ayunan sederhana di tepi pantai yang menjadi favorit wisatawan.

Tidak hanya itu, pantai ini juga tergolong lebih sepi dibandingkan pantai Kuta Lombok dan ombaknya pun lebih tenang.

3. Pantai Batu Payung

Wisata di Mandalika (instagram.com/danieldrent68)
Wisata di Mandalika (instagram.com/danieldrent68)

Tak cuma pantai dengan hamparan pasir putih, Mandalika juga punya pantai yang dihiasi batu karang besar. Namanya adalah Pantai Batu Payung.

Pantai ini menjadi favorit karena keunikan batu karang yang konon berbentuk mirip payung. Selain itu, panorama pantai ini akan terlihat makin indah saat senja atau malam.

4. Goa Kotak

Wisata di Mandalika (instagram.com/rifandymhmmd_)
Wisata di Mandalika (instagram.com/rifandymhmmd_)

Wisata alam lainnya yang dapat dikunjungi di Mandalika adalah goa kotak. Seperti namanya, gua yang ada di pinggir pantai ini memiliki lorong berbentuk segi empat sempurna.

Tak hanya bentuknya yang unik, lokasi gua ini juga cukup tinggi sehingga pemandangan di sekitar akan tampak makin memesona.

5. Desa Adat Sade

Wisata di Mandalika (instagram.com/yerryheriaji)
Wisata di Mandalika (instagram.com/yerryheriaji)

Selain wisata alam, jangan lupa pula untuk mengintip kehidupan suku Sasak yang menghuni pulau Lombok. Untuk itu, Anda bisa mengunjungi desa adat Sade di Mandalika.

Selain menemukan rumah-rumah adat yang tertata rapi di sini, wisatawan juga bisa melihat aktivitas sehari-hari warga hingga belajar menenun kain songket.

Sudah siap berkunjung ke Mandalika?

Berita Terkait

Berita Terkini