Travel

Wisata Budaya, Ini Transportasi Mudah Menuju Situs Warungboto

Bingung ke Situs Warungboto naik apa? Begini cara mudahnya.

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Situs Warungboto di Yogyakarta. (Guideku/Arendyaa)
Situs Warungboto di Yogyakarta. (Guideku/Arendyaa)

Guideku.com - Siapa yang tak kenal dengan Situs Warungboto? Pesanggrahan yang ada di Yogyakarta ini namanya kian naik daun usai menjadi latar foto pre-wedding Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution beberapa waktu lalu.

Dahulu, ternyata Situs Warungboto ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaaan yang dibangun oleh Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Di dalam situs warungboto ini terdapat segaran, taman, kolam dan kebun yang dahulu sengaja dibuat untuk menciptakan kenyamanan serta ketenangan bagi keluarga kerajaan.

Ruang lorong, pintu dan jendela di Situs Warungboto ini begitu artistik serta Instagramable.

Jadi tidak heran jika banyak sekali wisatawan khususnya generasi milenial menyambangi Situs Warungboto ini.

Berikut Guideku.com bagikan rekomendasi alat transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke Situs Warungboto.

1. Trans Jogja

Untuk menuju Situs Warungboto, travelers bisa menggunakan Trans Jogja dengan membayar tiket Rp 3.500 per orangnya.

Jika Anda mungkin menginap di kawasan Malioboro, bisa memulai perjalanan dari Halte Pasar Beringharjo dengan naik Trans Jogja jalur 2A.

Setelah itu, Anda bisa turun di Halte RSI Hidayatullah dan berjalan kaki menuju Situs Warungboto kurang lebih selama 12 menit.

Situs Warungboto di Yogyakarta. (Guideku/Arendya)
Situs Warungboto di Yogyakarta. (Guideku/Arendya)

 

2. Alat transportasi pribadi

Jika membawa alat transportasi sendiri, dari titik nol kilometer Kota Yogyakarta atau kawasan Malioboro bisa menempuh perjalanan kurang lebih selama 15 menit.

Pertama-tama Anda bisa berbelok ke timur melalui Jalan Panembahan Senopati, kemudian terus hingga melewati Jalan Kusumanegara sampai dengan perempatan di mana pada sebelah kiri terdapat gedung SGM Yogyakarta.

Setelah itu beloklah ke kanan melewati Jalan Veteran, nantinya Anda bisa melihat papan Situs Warungboto di sebelah kiri jalan besar.

3. Transportasi Online

Alternatif ini dapat Anda pilih jika Anda malas untuk memarkirkann kendaraan.

Terlebih lahan untuk parkir mobil di Situs Warungboto ini terbilang cukup terbatas, sehingga sebenarnya lebih praktis jika menggunakan alat transportasi online.

Dari pusat kota, biasanya tarif alat transportasi menuju Situs Warungboto berkisar mulai dari Rp 12 ribuan untuk motor dan Rp 30 ribu untuk mobil.

Berita Terkait

Berita Terkini