Travel

Liburan Keluarga, Ini Transportasi Mudah Menuju Kebun Binatang Gembira Loka

Dari becak hingga Trans Jogja, berikut cara mudah untuk pergi ke Kebun Binatang Gembira Loka.

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta. (Guideku/Arendya)
Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta. (Guideku/Arendya)

Guideku.com - Kebun Binatang Gembira Loka bukanlah destinasi wisata baru di Yogyakarta, ternyata tempat ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX sengaja ingin membuat tempat pemeliharaan satwa raja dengan membuat sebuah kebun binatang publik. Maka kemudian berdirilah Kebun Binatang Gembira Loka di atas lahan seluas 20 hektare yang separuhnya merupakan kawasan hutan lindung.

Berlokasi tak jauh dari pusat Kota Yogyakarta, Kebun Binatang Gembira Loka ini berisi berbagai macam satwa mulai dari harimau, simpanse dan masih banyak lagi lainnya.

Jika Anda tertarik menyambanginya, berikut Guideku.com rangkum deretan transportasi untuk menuju ke Kebun Binatang Gembira Loka.

1.  Becak

Transportasi di Kawasan Malioboro dan Benteng Vredeburg (Guideku.com/Amertiya)
Becak  (Guideku.com/Amertiya)

 

Bagi Anda yang baru saja berjalan-jalan atau belanja suvenir perak di Kotagede tak ada salahnya untuk pergi ke Kebun Binatang Gembira Loka dengan menggunakan becak atau andong yang tersedia.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun Guideku.com, becak menuju Kebun Binatang Gembira Loka ini biasanya mematok harga mulai dari Rp 20 ribuan dari kawasan Kotagede.

2. Trans Jogja

Ilustrasi Trans Jogja. (Guideku/Arendya)
Ilustrasi Trans Jogja. (Guideku/Arendya)

 

Ingin mencoba naik Trans Jogja? Boleh banget nih travelers, selain mencoba suasana berbeda, tiket Trans Jogja ini terbilang cukup terjangkau yakni Rp 3.500 per orang.

Jika Anda memulai perjalanan dari kawasan dekat Malioboro, bisa naik Trans Jogja dari halte Stasiun Tugu menggunakan bis jalur 2A.

Nantinya Trans Jogja akan berhenti tepat di halte Kebun Binatang Gembira Loka. Keluar dari halte Anda bisa berjalan sedikit untuk menuju kebun binatang ini.

3. Kendaraan Pribadi

Fasilitas tempat parkir di Kebun Binatang Gembira Loka terbilang sangat lapang dan nyaman serta aman.

Jika memulai perjalanan dari Malioboro, pertama-tama Anda bisa berbelok ke timur melalui Jalan Panembahan Senopati, kemudian terus hingga melewati Jalan Kusumanegara sampai dengan perempatan di mana pada sebelah kiri terdapat gedung SGM Yogyakarta.

Setelah itu tetap ambil jalan ke arah timur memasuki Jalan Kebun Raya, nantinya setelah melewati Jembatan Sungai Gajah Wong, Anda bisa melihat papan besar yang menunjukan jalan masuk menuju Kebun Binatang Gembira Loka.

Berita Terkait

Berita Terkini