Travel

Makin Seru, Museum Sonobudoyo Punya Cara Kekinian Gaet Pengunjung

Museum dekat alun-alun utara Keraton Yogyakarta ini memadukan teknologi digital dalam pameran koleksi mereka.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Museum Sonobudoyo Yogyakarta (Guideku.com/Amertiya)
Museum Sonobudoyo Yogyakarta (Guideku.com/Amertiya)

Guideku.com - Tak semua orang suka berkunjung ke museum. Bago beberapa orang, main ke museum saat liburan masih identik dengan kata membosankan.

Demi mengatasi hal tersebut, beberapa museum pun mulai mencoba untuk memadukan teknologi dengan koleksi yang dipamerkan. Salah satunya adalah Museum Sonobudoyo.

Bagi Anda yang belum tahu, Museum Sonobudoyo adalah museum seni dan budaya Jawa yang bertempat di seberang Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

Museum ini terbagi menjadi dua unit, yaitu Unit I untuk koleksi sejarah dan kebudayaan Jawa secara keseluruhan, sementara Unit II berfokus pada Kota Yogyakarta.

Berwisata ke museum ini, Anda tidak hanya akan disambut koleksi budaya Jawa saja. Alih-alih, Museum Sonobudoyo sudah menggunakan teknologi digital serupa game demi menarik pengunjung.

Hal ini terlihat dari unggahan salah satu warganet dengan akun @sdlnkfrd yang belakangan menjadi viral.

Teknologi Digital di Koleksi Museum Sonobudoyo (twitter.com/sdlnkfrd)
Teknologi Digital di Koleksi Museum Sonobudoyo (twitter.com/sdlnkfrd)

Dalam unggahan tersebut, terlihat jika salah satu koleksi Museum Sonobudoyo yang berupa keris dipamerkan layaknya saat-saat memilih senjata pada game.

"Di Museum Sonobudoyo deket alun-alun Yogyakarta seru banget loh gaes, ada koleksi yang dipamerinnya dengan gaya macem game, yang kurangnya cuman informasi damage, critical attack, sama agility doang," tulis akun @sdlnkfrd.

Tak cuma itu, Museum Sonobudoyo juga menyajikan ruangan yang dilengkapi fasilitas video mapping sehingga pengunjung pun bisa mengambil foto-foto instagrammable.

Bahkan, salah satu ruangan yang ada di Museum Sonobudoyo juga menyajikan pertunjukan pertarungan Hanoman lewat video mapping.

Museum Sonobudoyo (Suara.com/Amertiya)
Museum Sonobudoyo (Guideku.com/Amertiya)

Selain menggabungkan aspek teknologi digital, Museum Sonobudoyo Yogyakarta juga dikenal dengan spot foto berupa replika Candi Bentar dari Bali.

Tak hanya itu, Museum Sonobudoyo juga kerap menggelar pementasan wayang yang jadwalnya bisa ditemukan di papan informasi depan museum.

"Ngimpi dari jaman maen MMORPG pertama dulu, ada game latar belakang budaya Indonesia," komentar salah satu warganet.

"Museum-museum di Indonesia seharusnya menarik dan keren seperti ini."

"Huhu terima kasih infonyaaa. Bakalan kesana liburan ini mungkin," tambah yang lain.

Nah, apa Anda berminat berkunjung ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta juga?

Berita Terkait

Berita Terkini