Travel

Cocok Untuk Liburan Keluarga, Ini Fasilitas di Monumen Jogja Kembali

Ajak anak liburan ke Monumen Jogja Kembali, ini fasilitas yang bisa dinikmati.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Monumen Jogja Kembali (Guideku.com/Amertiya)
Monumen Jogja Kembali (Guideku.com/Amertiya)

Guideku.com - Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki kaitan erat dengan sejarah perjuangan bangsa. Salah satu buktinya dapat ditemukan di Monumen Jogja Kembali.

Beralamat di Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, monumen ini berfungsi sebagai museum sekaligus simbol kembalinya kota Yogyakarta ke pangkuan Indonesia dari tangan Belanda.

Di Monumen Jogja Kembali, pengunjung akan diajak untuk berkeliling ketiga lantai museum yang menyajikan relief, diorama, dan aneka barang peninggalan pahlawan.

Tak hanya itu, Monumen Jogja Kembali juga dilengkapi sederet fasilitas yang lumayan lengkap sehingga pengunjung merasa lebih nyaman.

Apa saja fasilitas yang bisa ditemukan di Monumen Jogja Kembali? Berikut Guideku.com berikan rangkumannya.

Monumen Jogja Kembali (Guideku.com/Amertiya)
Monumen Jogja Kembali (Guideku.com/Amertiya)

1. Tempat parkir

Monumen Jogja Kembali memiliki fasilitas tempat parkir yang cukup luas. Tak cuma untuk kendaraan pribadi, monumen ini juga memiliki lahan parkir untuk bus. Sehingga, Monumen Jogja Kembali pun cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga hingga wisata rombongan sekolah.

2. Toilet dan mushola

Toilet dapat dengan mudah ditemukan di berbagai sudut Monumen Jogja Kembali. Sementara bagi wisatawan yang beragama Islam, fasilitas mushola juga dapat ditemukan di area bangunan Monumen Jogja Kembali.

3. Tempat istirahat dan kantin

Monumen Jogja Kembali (Guideku.com/Amertiya)
Monumen Jogja Kembali (Guideku.com/Amertiya)

Monumen Jogja Kembali memiliki area halaman yang luas dan anak tangga yang cukup tinggi. Bagi pengunjung yang kelelahan, museum ini sudah menyediakan tempat duduk untuk umum di area yang teduh.

Selain itu, ada pula kantin yang menyediakan berbagai camilan dan makanan untuk dinikmati sembari beristirahat.

4. Arena bermain dan Taman Pelangi

Monumen Jogja Kembali (Guideku.com/Amertiya)
Monumen Jogja Kembali (Guideku.com/Amertiya)

Monumen Jogja Kembali juga dilengkapi arena bermain dan rekreasi yang bisa digunakan anak-anak. Di sini, pengunjung bisa menemukan permainan tradisional seperti egrang, bakiak, dan hula hoop bambu.

Kemudian, ada pula pakan ikan yang disediakan bagi pengunjung yang ingin memberi makan ikan di kolam sekeliling monumen.

Yang unik, halaman Monumen Jogja Kembali juga dipenuhi oleh aneka lampion raksasa yang akan menyala saat malam.

Ya, selain wisata sejarah, Monumen Jogja Kembali juga punya Taman Pelangi yang merupakan wisata lampion terkenal di Yogyakarta.

5. Akses disabilitas

Area Monumen Jogja Kembali memang cukup sulit untuk diakses wisatawan disabilitas karena banyaknya anak tangga yang harus didaki.

Meski begitu, Monumen Jogja Kembali juga sudah menyediakan akses lift yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas dan pengunjung lanjut usia dalam mengeksplor museum.

Berita Terkait

Berita Terkini