Travel

Pesona Krayan, Daerah Perbatasan Indonesia-Malaysia Tempat Jokowi Motoran

Penampilan Jokowi ketika motoran di Krayan, Kalimantan Utara sukses mencuri atensi.

Irwan Febri Rialdi | Amertiya Saraswati

Krayan, Kalimantan Utara (instagram.com/jokowi)
Krayan, Kalimantan Utara (instagram.com/jokowi)

Guideku.com - Beberapa hari silam, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terlihat melakukan kunjungan kerja. Diketahui, pria yang akrab disapa Jokowi itu tengah meninjau pembangunan jalan di perbatasan Indonesia-Malaysia.

Lewat unggahan Instagram di akun resmi @jokowi, terlihat jika orang nomor satu di Indonesia itu menaiki motor di daerah Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara, pada Kamis (19/12/2019).

Sejak kunjungan Jokowi tersebut, nama Krayan sebagai salah satu destinasi di Kalimantan Utara pun ramai diperbincangkan.

Krayan merupakan sebuah desa yang terletak di pedalaman hutan Kalimantan, berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia.

Karena letaknya yang masih berada di wilayah pedalaman dan dipenuhi pepohonan, Krayan bisa menjadi destinasi yang cocok bagi pecinta alam dan petualangan.

Krayan, Kalimantan Utara (instagram.com/krayan_highlands_borneo)
Krayan, Kalimantan Utara (instagram.com/krayan_highlands_borneo)

Selain motoran di perbatasan seperti Jokowi, travelers juga bisa menjelajah hutan hingga mendaki gunung di Krayan.

Selain itu, Krayan juga punya destinasi alam yang bisa dikunjungi serta masih terjaga keasriannya.

Salah satu destinasi tersebut adalah Air Bunga di Dataran Tinggi Krayan. Menurut masyakarat setempat, Air Bunga dipercaya dapat menjadi obat berbagai macam penyakit.

Kemudian, ada pula Bukit Yuvai Semaring yang terletak di ketinggian 1.130 mdpl dan dapat digunakan untuk menikmati indahnya Krayan dari ketinggian.

Krayan, Kalimantan Utara (instagram.com/patriciahului)
Krayan, Kalimantan Utara (instagram.com/patriciahului)

Selain memiliki keindahan alam yang memukau, Krayan juga merupakan tempat tinggal masyarakat adat Dayak Lundayeh yang masih menjaga tradisi mereka.

Krayan juga dikenal akan kelezatan beras mereka, yang disebut dengan nama beras Adan. Beras Adan ini memiliki aroma khas dan tekstur halus karena dihasilkan tanpa bahan kimia.

Sayangnya, karena letaknya yang berada di perbatasan, akses ke Krayan masih terbatas dan sulit. Jadwal pesawat perintis menuju Krayan pun terbatas.

Nah, apa Anda termasuk travelers yang berminat untuk menjelajahi daerah di perbatasan Indonesia dan Malaysia berikut?

Berita Terkait

Berita Terkini