Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro, Warga Kulon Progo Terharu

"Adanya bendungan ini warga jadi bisa buka usaha dan menghidupi masyarakat di sekitar bendungan," kata Suratini.

Dany Garjito
Selasa, 31 Desember 2019 | 11:12 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membunyikan sirene sebagai tanda diresmikannnya Bendung Kamijoro di Kulon Progo, Selasa (31/12/2019). - (SUARA/Baktora)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membunyikan sirene sebagai tanda diresmikannnya Bendung Kamijoro di Kulon Progo, Selasa (31/12/2019). - (SUARA/Baktora)

Guideku.com - Selasa (31/12/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendung Kamijoro yang terletak di perbatasan Kabupaten Kulon Progo dan Bantul.

Kehadiran Jokowi untuk meresmikan Bendung Kamijoro ini disambut antusias warga sekitar bendungan.

Ratusan warga dari kedua kabupaten memenuhi area sekitar bendungan yang berada di atas aliran Kali Progo ini.

Baca Juga: Beli Kaus di Malioboro, Jokowi Habiskan Uang Segini

Salah seorang warga Padukuhan Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo, Suratini (40), tak bisa menutupi kesenangannya dengan kehadiran Jokowi.

Warga Kaliwiru, Kulon Progo, Suratini, saat diwawancarai wartawan usai peresmian Bendung Kamijoro oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (31/12/2019). - (SUARA/Baktora)
Warga Kaliwiru, Kulon Progo, Suratini, saat diwawancarai wartawan usai peresmian Bendung Kamijoro oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (31/12/2019). - (SUARA/Baktora)

"Saya datang ke sini salah satunya ingin bersalaman sama Pak Jokowi karena menurut saya dia itu pemimpin merakyat, jadi dekat sama warga," kata Suratini kepada wartawan, Selasa (31/12/2019).

Pihaknya sangat senang, bendungan yang nantinya untuk mengaliri sawah warga dan sebagai destinasi wisata ini dapat menghidupi warga sekitar.

Baca Juga: Jokowi Sapa Wisatawan di Titik Nol Kilometer Jogja, Mimpi Ibu Ini Terwujud

"Dulunya bendungan ini kan hanya sungai. Jadi banyak orang yang mengambil batu untuk dijadikan pasir. Selain itu banyak warga yang hanya menjadi petani. Namun adanya bendungan ini warga jadi bisa buka usaha dan menghidupi masyarakat di sekitar bendungan," jelas dia.

Hal senada disampaikan warga Desa dan Kecamatan Pleret, Bantul, Purwantini (60). Menurutnya, adanya bendungan tersebut memberi kemudahan akses jalan bagi masyarakat untuk menyebrang.

"Dulu jika saya mau ke rumah saudara di Kulon Progo harus memutar jauh. Tapi adanya jembatan di Kamijoro jadi lebih mudah. Tapi memang yang boleh lewat hanya roda dua. Tapi dengan adanya akses itu jadi memudahkan warga yang berada di pinggir bendungan," kata Purwantini.

Baca Juga: Libur Tahun Baru 2020 Murah Meriah, Yuk Kunjungi 4 Wisata di Yogyakarta Ini

Jokowi hadir di lokasi peresmian Bendung Kamijoro, Kulon Progo pada pukul 09.35 wib, ditemani Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Bupati Bantul Suharsono, dan Bupati Kulon Progo Sutedjo. Selain itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga ikut mendampingi orang nomor satu di Indonesia itu.

Jokowi setelah meresmikan Bendung Kamijoro, juga menyapa warga Bantul dan Kulon Progo yang cukup lama menunggu kedatangannya.

SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak