Travel

East Gippsland, Destinasi di Australia yang Terdampak Kebakaran

Hingga kini, api kebakaran hutan di pesisir tenggara Australia masih belum dapat dipadamkan.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

East Gippsland, Australia (Wikimedia Commons)
East Gippsland, Australia (Wikimedia Commons)

Guideku.com - Tagar #PrayForAustralia masih menjadi trending topic dunia hingga kini. Pasalnya, kebakaran hutan yang terjadi di daerah Victoria dan New South Wales masih belum dapat dipadamkan.

Akibat dari kebakaran ini, banyak warga hingga turis yang terpaksa harus mengungsi. Ribuan satwa liar Australia seperti kanguru dan koala pun dikabarkan tewas.

Selain itu, banyak taman nasional hingga destinasi alam di Australia yang ikut terdampak. Salah satunya adalah area East Gippsland seperti dikuti dari laman Forbes.

East Gippsland merupakan salah satu destinasi turis utama di Australia yang terletak di negara bagian Victoria. Area ini memiliki luas hingga 31.740 km2.

Di masa musim panas, East Gippsland merupakan destinasi populer. Sayangnya, kini turis di area tersebut telah diminta untuk melakukan evakuasi.

East Gippsland, Australia (instagram.com/visitgippsland)
East Gippsland, Australia (instagram.com/visitgippsland)

Dirangkum dari laman resmi Visit East Gippsland, destinasi yang satu ini memiliki banyak pilihan wisata alam yang memanjakan mata.

Di sini, turis dapat menikmati aktivitas berlayar, memancing, naik kuda, bersepeda, pesiar, rafting, hingga touring.

Salah satu destinasi yang terkenal misalnya Snowy River yang terletak antara Snowy River National Park dan Alpine National Park. Selain naik kano, di sini wisatawan juga bisa menjajal berkemah.

Kemudian, ada pula rangkaian pegunungan Australian Alps yang memiliki 10 puncak tertinggi di Vistoria dan kerap digunakan untuk bermain ski hingga snowboarding.

East Gippsland, Australia (instagram.com/visitgippsland)
East Gippsland, Australia (instagram.com/visitgippsland)

East Gippsland juga dikenal dengan kekayaan alamnya yang berada di daerah pesisir. Bahkan, keindahan alam di sini masuk ke dalam daftar World Biosphere Reserve milik UNESCO.

Tak heran, aneka macam spesies binatang dan tumbuhan pun dapat ditemukan di daerah pesisir ini. Misalnya di Croajingolong National Park yang memiliki lebih dari 50 spesies mamalia dan 1.000 spesies tanaman lokal.

Sementara bagi pecinta roadtrip, East Gippsland juga memiliki jalan bebas hambatan sepanjang 1.292 km yang menghubungkan Sydney hingga Melbourne.

Sembari berkendara di sini, wistawan pun dapat menikmati indahnya alam sekitar, pantai tersembunyi untuk berselancar, hingga jernihnya Danau Gippsland.

East Gippsland, Australia (instagram.com/visitgippsland)
East Gippsland, Australia (instagram.com/visitgippsland)

Di area East Gippsland pula, ada sekitar 10 Taman Nasional yang bisa ditemukan.

Beberapa contohnya adalah Alfred National park yang berfokus pada perlindungan hutan hujan, Alpine National Park yang meliputi area pegunungan, Mitchell River National Park yang menyajikan keindahan lanskap sungai, hingga Nyerimilang National Park yang cocok dipakai berpiknik.

Saat ini, daerah East Gippsland memang ditutup dari wisatawan karena kebakaran hutan Australia yang tengah berlangsung.

Semoga saja kebakaran hutan ini dapat segera padam sehingga tak ada lagi korban baik manusia maupun satwa dan alam liar Australia, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini