Travel

Parah, Pramugari Mabuk, 4 Jadwal Penerbangan Ini Tertunda

Salah satu pramugari mabuk, maskapai ini terpaksa ganti seluruh awak kabin yang bertugas.

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Ilustrasi pesawat milik maskapai ANA. (Pixabay/@wikimediaimages)
Ilustrasi pesawat milik maskapai ANA. (Pixabay/@wikimediaimages)

Guideku.com - Belum lama ini publik dikejutkan dengan penyebab tertundanya empat jadwal penerbangan di Bandara Fukuoka, Jepang. Usut punya usut, ternyata keempat jadwal penerbangan tersebut tertunda gara-gara salah seorang pramugari mabuk usai berpesta semalam sebelum dirinya bertugas.

Perempuan berusia 20 tahun tersebut semestinya bertugas sebagai awak kabin dalam penerbangan All Nipon Airways (ANA) dari Fukuoka menuju Bandara Narita.

Tetapi ternyata, berdasarkan hasil tes sebelum penerbangan dirinya positif dinyatakan mengonsumsi alkohol.

Dilansir Guideku.com dari laman Japan Today, Selasa (7/1/20), terpaksa akhirnya ANA mengganti awak kabin yang hendak berangkat dalam penerbangan tersebut.

Sebanyak tiga dari empat penerbangan yang seharusnya mendarat di Bandara Haneda, Tokyo terpaksa tertunda selama 25 menit gara-gara insiden pramugasi mabuk tersebut.

Ilustrasi pesawat milik maskapai ANA. (Pixabay/@wikimediaimages)
Ilustrasi pesawat milik maskapai ANA. (Pixabay/@wikimediaimages)

 

Berdasarkan pemeriksaan, terdapat kandungan alkohol sebanyak 0.14 miligram per liter pada napas pramugari mabuk tersebut.

Diketahui pramugari tersebut mengonsumsi alkohol berjenis shochu semalam sebelum dirinya bertugas bersama rekan-rekannya di sebuah restoran tak jauh dari wilayah Fukuoka.

Atas kecerobohannya tersebut, akhirnya sang pramugari mengaku menyesal dan meminta maaf atas pelanggaran aturan penerbangan yang dilakukannya tersebut.

Maskapai ANA sendiri sebenarnya sudah menerapkan peraturan dilarang mengonsumsi alkohol 24 jam sebelum penerbangan khusus untuk awak kabin dan juga pilot.

Peraturan tersebut ternyata dibuat demi menggantikan kebijakan lama di mana kru pesawat dilarang mengonsumsi alkohol 12 jam sebelum bertugas dalam penerbangan.

Duh, semoga kejadian pramugari mabuk hingga membuat penerbangan tertunda ini tak terulang kembali ya.

Berita Terkait

Berita Terkini