Travel

Panduan Mudah untuk Menuju Kelenteng Fuk Ling Miau di Yogyakarta

Ingin wisata budaya seligus religi di Kelenteng Fuk Ling Miau? Begini caranya!

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Kelenteng Fuk Ling Miau di Gondomanan, Yogyakarta. (Guideku/Arendya)
Kelenteng Fuk Ling Miau di Gondomanan, Yogyakarta. (Guideku/Arendya)

Guideku.com - Kelenteng Fuk Ling Miau menjadi salah satu tempat ibadah yang ramai disambangi menjelang Tahun Baru Imlek 2020. Berada di dalam bangunan cagar budaya, Kelenteng Fuk Ling Miau ini sarat akan kisah bersejarah dan memiliki keunikan tersendiri.

Telah berdiri lebih dari 200 tahun, tempat ibadah ini terbagi menjadi dua bagian. Pada bagian belakang terdapat Vihara Buddha Prabha yang menjadi tempat beribadah umat Buddha.

Sedangkan di bagian depan terdapat Kelenteng Fuk Ling Miau untuk umat Konghu Cu dan penganut Agama Tao beribadah. Menjadi salah satu warisan budaya Yogyakarta, tak ada salahnya jika travelers mengunjungi Kelenteng Fuk Ling Miau ini.

Berikut Guideku.com berikan panduan mudah menuju ke Kelenteng Fuk Ling Miau untuk travelers yang berencana menikmati liburan Tahun Baru Imlek 2020.

1. Becak

Becak di Jalan Malioboro. (Guideku/Arendya)
Becak di Jalan Malioboro. (Guideku/Arendya)

Lokasi Kelenteng Fuk Ling Miau ini tak jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Dari Malioboro, travelers bisa minta diantarkan pak becak untuk menuju ke Kelenteng Fuk Ling Miau ini.

2. Andong atau kereta kuda

Ilustrasi andong. (YouTube/Farrel & Feli)
Ilustrasi andong. (YouTube/Farrel & Feli)

Jika travelers sedang berbelanja di Malioboro dan ingin mampir ke Kelenteng Fuk Ling Miau ini juga sangat mudah lho.

Travelers bisa naik andong untuk menuju ke Kelenteng Fuk Ling Miau. Sembari melihat suasana kota, kalian bisa meminta pak kusir untuk diantarkan ke Klenteng Fuk Ling Miau dari Malioboro.

Andong atau kereta kuda ini bisa memuat kurang lebih 2-4 orang satu kali jalan ke tempat tujuan.

3. Trans Jogja

Bus Trans Jogja melintas di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (29/11/2019). - (SUARA/Baktora)
Bus Trans Jogja melintas di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (29/11/2019). - (SUARA/Baktora)

Memiliki fasilitas AC dan tempat duduk nyaman, Trans Jogja bisa menjadi alat transportasi murah meriah untuk menuju ke Kelenteng Fuk Ling Miau.

Cukup membayar tiket Rp 3.500 travelers sudah bisa sampai ke tempat yang menjadi tujuan. Dari Stasiun Tugu, travelers bisa berjalan sedikit menuju Halte Trans Jogja Malioboro 1.

Pilih bis dengan rute 1A kemudian turun di Halte Taman Pintar. Dari Halte Taman Pintar travelers bisa berjalan sejauh 200 meter untuk mencapai Kelenteng Fuk Ling Miau.

4. Mobil pribadi

Jika travelers ingin naik kendaraan pribadi, cara untuk menuju Kelenteng Fuk Ling Miau juga tak kalah mudah lho.

Dari Malioboro, travelers bisa mengarahkan kendaraan menuju Jalan Sosrokusuman. Kemudian setelah bertemu persimpangan, ambil jalan ke kiri menuju Jalan Suryatmajan.

Kemudian setelah melalui Taman Pintar dan bertemu persimpangan kedua, travelers bisa mengarahkan kendaraan dengan berbelok ke kanan menuju Jalan Mayor Sutomo.

Nantinya Kelenteng Fuk Ling Miau ini berada di kiri jalan persis.

5. Taksi atau ojek online

Ilustrasi Ojol (suara.com/Muhaimin A Untung)
Ilustrasi Ojol (suara.com/Muhaimin A Untung)

Travelers tak ingin repot-repot membawa kendaraan? Kalian bisa memilih untuk pergi ke Kelenteng Fuk Ling Miau ini dengan memesan taksi atau ojek online lho.

Jika travelers memesan dari area Malioboro tentunya tarif ojek online maupun taksi tentu tidaklah mahal karena jaraknya cukup dekat.

Nah, itu dia tadi panduan mudah menuju ke Kelenteng Fuk Ling Miau, selamat mencoba ya travelers dan Selamat Tahun Baru Imlek 2020!

Berita Terkait

Berita Terkini