Travel

Terlalu Mahal, Pesawat Presiden Meksiko Akan Dijual dengan Sistem Undian

Harga tiket undian dibanderol seharga Rp 350 ribu.

Dany Garjito | Fitri Asta Pramesti

Ilustrasi Pesawat (Pixabay/HubertPhotographer)
Ilustrasi Pesawat (Pixabay/HubertPhotographer)

Guideku.com - Sejak setahun lalu, Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador berencana untuk menjual pesawat kepresidennya.

Dilansir dari laman Reuters, Selasa (21/1), Pesawat kepresidenan ini dijual lantaran dirasa terlalu mewah dan mahal bagi dirinya mengingat banyaknya penduduk Meksiko yang mengalami kemiskinan.

Menariknya, Presiden Lopez Abrador memutuskan untuk menjual pesawat kepresidenan ini dengan sistem undian raffle.

Raffle sendiri merupakan sistem lelang yang mengharuskan kita membeli tiket undian. 

Ilustrasi Pesawat. (pixabay.com/Hiljon)
Ilustrasi Pesawat. (pixabay.com/Hiljon)

Bukan tanpa sebab, sistem undian raffle digunakan karena pihak Presiden kesusahan untuk menemukan pembeli yang mau menebus pesawat yang dibanderol US$ 130 juta atau setara dengan Rp 1,7 triliun itu.

Disebutkan, sebanyak 6 juta lembar undian raffle akan dilepas di pasaran dan dijual dengan harga US$ 26,7 atau setara dengan Rp 350 ribu per lembar. Jika seluruh tiket undian berhasil terjual, maka uang yang akan terkumpul akan cukup untuk menutup harga pesawat ini. 

Pemenang undian raffle nantinya dapat langsung membawa pulang pesawat jenis Boeing 787 Dreamliner yang memiliki kapaistas 80 penumpang, lengkap dengan fasilitas presidential suit dan private bath.

Sebelumnya, Presiden Lopez Abrador menyebut, telah ada pembeli yang berniat membeli pesawat ini dengan harga US$ 125 juta. Namun, harga yang diajukan pembeli jauh dari harga yang telah ditetapkan, maka Presiden pun tidak bisa melepaskan pesawat ini. 

Selain itu, pihak Meksiko juga telah mencoba beberapa opsi seperti disewakan per jam hingga menawarkan kepada kelompok pengusaha. 

Jadi bagaimana? Adakah yang tertarik beli undian pesawat super mewah ini?

Berita Terkait

Berita Terkini