Travel

Melihat Hawa Mahal, Istana yang dikunjungi Febby Rastanty di India

Dulunya digunakan sebagai tempat mengintip para putri istana, lho.

Angga Roni Priambodo | Fitri Asta Pramesti

Hawa Mahal. (pixabay.com/AdamHillTravel)
Hawa Mahal. (pixabay.com/AdamHillTravel)

Guideku.com - Baru-baru ini, Febby Rastanty tampak mengunggah postingan saat dirinya tengah berkunjung ke bangunan di India bernama Hawa Mahal.

Seperti diketahui, aktris cantik asal Jakarta ini memang tengah berkeliling beberapa daerah di India. Dalam highlight story instagramnya, akan terlihat nama-nama kota yang dikunjungi Febby yakni mulai dari New Delhi, Agra, hingga Jaipur.

Seperti pada salah satu postingan, Febby dalam balutan dress warna putih nampak bergaya di depan sebuah gedung berwarna merah bata yang memiliki banyak pintu.

"Betapa aku sangat suka kota Pink ini," tulisnya pada caption seperti dikutip Guideku.com, Rabu (22/1).

Febby Rastanty di Hawa Mahal. (instagram.com/febbyrastanty)
Febby Rastanty di Hawa Mahal. (instagram.com/febbyrastanty)

Seperti tertera pada tagging lokasi postingan Febby, gedung dengan arsitektur cantik itu bernama Hawa Mahal.

Dilansir dari laman Hawa-Mahal.com, gedung yang didominasi warna merah bata itu terletak di kota Jaipur. Berdiri sejak tahun 1799, Hawa Mahal mendapat julukan Istana Angin.

Dulunya, istana yang didirikan oleh Maharaja Swai Jai Signh untuk sang cucu yang bernama Maharaja Sawai Pratap Singh.

Menariknya, pembangunan Hawa Mahal merupakan cara Swai Jai Signh untuk mengakali tradisi purdah, di mana para putri istana yang tidak boleh dilihat oleh warga lokal atau muncul di tengah publik.

Febby Rastanty di Hawa Mahal. (instagram.com/febbyrastanty)
Febby Rastanty di Hawa Mahal. (instagram.com/febbyrastanty)

Dengan arsitektur gedung penuh jendela yang rumit ini memungkinkan para putri istana tetap dapat melihat dan menikmati kehidupan dunia luar tanpa terlihat dari luar istana.

Tak hanya sebagai tempat mengintip, lubang jendela yang berjumlah 953 itu juga dijadikan sebagai ventilasi yang membuat istana ini tetap sejuk saat musim panas.

Bentuk lima tingkat yang ada di Hawa Mahal melambangkan mahkota dari dewa Krishna, karena Sarai Partap Singh menyembah dewa Hindu ini. Terlepas dari mewahnya arsitektur bagian luar, pada bagian dalam Hawa Mahal ternyata memiliki gaya arsitektur yang lebih simple.

Disebutkan pula, waktu yang tepat untuk berkunjung di istana ini adalah saat pagi hari, di mana cahaya matahari menerobos jendela-jendela kecil Hawa Mahal.

Bagi yang ingin merasakan pengalaman mengintip kehidupan kota Jaipur layaknya putri bangsawan jaman dulu, Hawa Mahal buka pukul 09.00 hingga 16.30 setiap harinya.

Nah bagi anda yang berkunjung ke Jaipur, jangan lupa mampir ke Hawa Mahal yang instagramable ini, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini