Travel

Jangan Panik, Ini Tips Agar Tidak Tertular Virus Corona Saat Naik Pesawat

Sedang traveling? Jangan panik, ini tips menghindari virus corona.

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Ilustrasi Pesawat (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi Pesawat (Pixabay/StockSnap)

Guideku.com - Belum lama ini, publik digegerkan dengan munculnya virus corona di Wuhan, China. Sejumlah negara bahkan tengah meningkatkan pengamanan agar warganya tak terserang virus corona.

Pengamanan ekstra juga dilakukan di sejumlah bandara. Mengingat, bandara menjadi salah satu tempat tersibuk di mana orang-orang pulang dan pergi baik ke luar maupun dalam negeri.

Bagi travelers yang sedang berpergian jauh, Anda tak perlu panik dengan virus corona ini. Berikut Guideku.com rangkum tips terhindar virus corona saat naik pesawat dari laman USA Today, Jumat (24/10/2020).

1. Gunakan masker

Ilustrasi pakai masker. (Pexels/Min An)
Ilustrasi pakai masker. (Pexels/Min An)

 

Pakailah masker tak hanya saat berada di bandara saja melainkan pesawat. Meskipun Anda dalam keadaan sehat, sebagai antisipasi tak ada salahnya bukan, jika travelers mengenakan masker di dalam pesawat?

Masker yang travelers gunakan ini berfungsi untuk melindungi Anda dari kemungkinan terserang virus corona saat berada di dalam pesawat.

2. Lakukan ini sebelum duduk di bangku pesawat

Ilustrasi Penumpang Pesawat (Pexels/Skitterphoto)
Ilustrasi bangku pesawat (Pexels/Skitterphoto)

 

Sebelum duduk di bangku pesawat, alangkah lebih baiknya jika Anda terlebih dahulu mengelap bagian meja dan sandaran tangan menggunakan tisu basah.

Ketika pergi ke kamar mandi, jangan lupa untuk membawa tisu basah dan toilet seat spray.

Bukan tanpa alasan, hal ini sebaiknya dilakukan agar terhindar dari kemungkinan virus corona yang menempel di area kamar mandi pesawat.

3. Rutin mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer

Ilustrasi cuci tangan. (Pixabay/gentle07)
Ilustrasi cuci tangan. (Pixabay/gentle07)

 

CDC atau Centers of Disease Control and Prevention di Amerika Serikat menyebutkan bahwa tindakan utama demi mencegah tersebarnya virus corona ialah mencuci tangan sesering mungkin.

Setidaknya travelers wajib mencuci tangan dan membersihkan sela-sela jari kurang lebih selama 20 detik.

Ketika traveling, jangan lupa pula untuk membawa hand sanitizer sebagai antisipasi jika Anda kesulitan mencari air bersih.

4. Kurangi intensitas menyentuh wajah saat berada di pesawat

Ilustrasi memegang wajah. (Unsplash/Christoper Campbell)
Ilustrasi memegang wajah. (Unsplash/Christoper Campbell)

 

Usahakan untuk tidak menyentuh bagian wajah seperti mulut, mata hingga hidung ketika berada di pesawat. Jika mendesak, pastikan tangan Anda bersih sebelum menyentuh wajah.

Bukan tanpa alasan, sebab virus corona ini mampu menyebar cepat melalui kelenjar lendir pada tubuh seperti mulut, hidung hingga mata.

Nah, itu dia tadi tips terhindar virus corona saat berpergian naik pesawat. Stay safe and healthy travelers!

Berita Terkait

Berita Terkini