Travel

Dianggap Terlalu Besar, Wanita Ini Dilarang Duduk di Kelas Bisnis Pesawat

Huhana Iripa dan kedua anaknya merupakan penumpang pesawat maskapai Thai Airways.

Dany Garjito | Fitri Asta Pramesti

Ilustrasi Pesawat. (pixabay.com/Hiljon)
Ilustrasi Pesawat. (pixabay.com/Hiljon)

Guideku.com - Seorang perempuan penumpang maskapai Thai Airways mengaku dipindahkan dari tempat duduk kelas bisnis ke kelas ekonomi.

Menurut laman Insider melansir The New Zealand Herald, peristiwa ini terjadi saat perempuan bernama Huhana Iripa bersama dua anaknya, Tere dan Rene akan terbang dari Bangkok menuju Auckland.

Iripa menyebut, awak kabin menyampaikan padanya bahwa Iripa dan dua orang anaknya tidak dapat duduk di kursi kelas bisnis yang telah dibelinya dengan alasan badan ketiganya yang dinilai terlalu besar.

Bahkan awak kabin juga melalukan pengukuran badan ke Iripa serta kedua anaknya sebelum memindahkan mereka ke kursi ekonomi.

"Semua orang memandangi kami. Ini sangat menyebalkan," ujar Iripa sebagaimana dikutip dari People, Kamis (30/1/2020).

Ilustrasi kabin pesawat. (Pixabay)
Ilustrasi kabin pesawat. (Pixabay)

Ia menambahkan, dirinya yang meminta ganti rugi telah mendapatkan ganti rugi sebesar $ 815 atau setara dengan Rp 11 juta rupiah.

Maskapai Thai Airways, lanjut Iripa, juga telah meminta maaf sembari menawarkan uang kompensasi sebanyak $293 atau setara dengan Rp 4 juta.

Namun jumlah ini menurut Iripa tidaklah cukup mengingat perlakukan yang telah diterima oleh Iripa dan kedua anaknya.

Dikatakan, Iripa menghabiskan biaya sebesar $1730 atau setara dengan Rp 26 juta untuk setiap kursi bisnis yang dibelinya.

Menanggapi hal ini, juru bicara maskapai Thai International New Zealand Wayne Cochrane melalui publikasi menyebut bahwa alasan dipindahkannya Iripa dan anaknya adalah karena sabuk pengaman kursi bisnis pesawat tipe Boeing 7877-900 Dreamliner, tidak memiliki panjang yang cukup untuk ukuran tubuh Iripa.

Wayne juga menyebut, atas alasan keselamatan, maka pihaknya terpaksa tidak dapat mengijinkan Iripa dan kedua anaknya duduk di kursi bisnis.

Disebutkan, maskapai Thai Airways pada tahun 2018 telah memberlakukan larangan penumpang dengan pinggang lebih dari 56 inci untuk menempati kursi kelas bisnis karena alasan panjang sabuk pengaman.

Berita Terkait

Berita Terkini