Travel

Ini Asal-usul Nama Jembatan Manula, Penghubung Baru Lampung dan Bengkulu

Arti nama Jembatan Manula diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo belum lama ini.

Rendy Adrikni Sadikin | Amertiya Saraswati

Jembatan Manula (instagram.com/jokowi)
Jembatan Manula (instagram.com/jokowi)

Guideku.com - Dalam rangka memperlancar akses antara Bengkulu dan Lampung, sebuah jembatan baru yang dinamai Jembatan Manula belum lama ini diresmikan.

Jembatan Manula dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Ditjen Bina Marga. Dalam unggahan Instagram @kemenpupr, diketahui jika jembatan ini sudah selesai dibangun sejak akhir 2019.

Dengan panjang 215 meter dan lebar 10,5 meter, jembatan ini memang menghubungkan ruas jalan nasional antara Provinsi Bengkulu dan Lampung.

Tak hanya memperlancar akses antara kedua provinsi tersebut, jembatan ini juga diapit tebing dengan panorama hutan lindung yang masih hijau.

Karena keindahannya, pengendara yang akan melewati jembatan ini pun kerap berhenti sejenak untuk mengambil selfie.

Jembatan Manula (instagram.com/jokowi)
Jembatan Manula (instagram.com/jokowi)

Selain itu, Jembatan Manula juga menarik perhatian karena namanya. Seperti kita tahu, istilah "manula" selama ini lekat dengan orang-orang lanjut usia.

Meski begitu, nama Jembatan Manula ternyata sama sekali tak ada hubungannya dengan istilah manula yang selama ini kita ketahui. Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo lewat akun Instagram miliknya.

"Lalu dari mana muasalnya nama Jembatan Manula? Rupanya, itu sebentuk penghormatan kepada seorang tokoh yang dimakamkan di sekitar jembatan ini, yaitu Syekh Aminullah," tulis Jokowi.

"Warga setempat menyebut Aminullah dengan Manula sahaja," imbuhnya, menjelaskan asal-usul nama jembatan tersebut.

Masyarakat dan warganet pun menyambut baik kehadiran Jembatan Manula. Tak sedikit yang turut meninggalkan komentar di unggahan Jokowi tersebut.

"Syekh Aminullah, salah satu tokoh agama yang berpengaruh," tulis warganet.

"Makin asyik nih jalan darat lewat jalur Bengkulu-Lampung...." imbuh yang lain.

Berita Terkait

Berita Terkini