Travel

Lengkap, Ini Deretan Fasilitas Museum Pendidikan Indonesia UNY

Museum Pendidikan Indonesia bisa menjadi spot untuk mengenang masa-masa sekolah dulu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati

Museum Pendidikan Indonesia UNY (Guideku.com/Amertiya)
Museum Pendidikan Indonesia UNY (Guideku.com/Amertiya)

Guideku.com - Ada banyak museum yang bisa ditemukan di kota Yogyakarta. Salah satunya adalah Museum Pendidikan Indonesia yang seolah mengajak kita untuk lebih dekat dengan kota pelajar.

Museum Pendidikan Indonesia adalah museum yang berada di lingkup kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tepatnya, museum ini terletak di Kampus Pusat UNY, Jl. Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta.

Walau terletak di area kampus, MPI UNY ini bisa dikunjungi oleh wisatawan umum. Tak hanya itu, Museum Pendidikan Indonesia juga dikenal akan koleksinya yang antik dan kuno.

Museum ini juga sudah dilengkapi sederet fasilitas baik bagi wisatawan maupun mahasiswa. Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung, berikut rangkuman fasilitas yang bisa ditemukan.

Museum Pendidikan Indonesia UNY (Guideku.com/Amertiya)
Museum Pendidikan Indonesia UNY (Guideku.com/Amertiya)

1. Tempat parkir

Selain mudah ditemukan, Museum Pendidikan Indonesia juga terletak dekat dengan gedung parkir khusus untuk motor dan mobil.

Jarak dari gedung parkir menuju museum juga tidak terlalu jauh. Sehingga, wisatawan yang hendak kemari dengan membawa kendaraan pribadi tak perlu merasa cemas.

2. Toilet dan mushola

Fasilitas umum seperti toilet dapat ditemukan dengan mudah di sekitar area museum. Begitu pula halnya dengan musala. Hal itu lantaran museum ini masih ada di area kampus.

3. Ram difabel

Museum Pendidikan Indonesia juga sudah dilengkapi dengan akses ram difabel bagi pengunjung yang memiliki keterbatasan fisik saat hendak berkeliling.

Foodcourt dekat Museum Pendidikan Indonesia UNY (Guideku.com/Amertiya)
Foodcourt dekat Museum Pendidikan Indonesia UNY (Guideku.com/Amertiya)

4. Foodcourt

Bagi Anda yang lapar setelah jalan-jalan atau ingin bernostalgia seputar masa-masa kuliah, tak perlu khawatir. Pasalnya, letak Museum Pendidikan Indonesia ini bersebelahan dengan foodcourt UNY.

Selain duduk-duduk santai di bawah pendapa yang rindang, ada pula aneka pilihan makanan yang bisa dibeli di foodcourt dekat museum.

5. Pemandu wisata

Pemandu atau edukator museum akan dengan senang hati menemani tanpa tambahan biaya. Jadi, Museum Pendidikan Indonesia pun cocok dikunjungi baik oleh wisatawan asing hingga rombongan yang ingin mengenal sejarah pendidikan Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkini