Travel

Mengintip Pesona Batu Bekung, Pantai yang Punya Kolam Buatan Alam

Kolam alami ini bisa jadi spot aman bermain air di Pantai Batu Bekung.

Dany Garjito | Fitri Asta Pramesti

Pantai Baku Bekung. (instagram.com/silvia_sil99)
Pantai Baku Bekung. (instagram.com/silvia_sil99)

Guideku.com - Tak hanya wisata perkebunan apel, Malang ternyata punya destinasi wisata pantai nan eksotis yang menarik untuk disambangi.

Berada di gugusan pantai pesisir selatan Malang, Jawa Timur, pantai ini karib disebut Pantai Baku Bekung.

Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, Baku Bekung memiliki ombak yang besar serta kontur tebing-tebing batu khas pantai-pantai selatan.

Dengan ombak yang besar dan serta area yang penuh dengan batu-batu, hal ini membuat aktivitas berenang di pantai ini dibatasi.

Pantai Baku Bekung. (instagram.com/tentang_ngalam)
Pantai Batu Bekung. (instagram.com/tentang_ngalam)

Namun bagi yang ingin basah-basahan tidak perlu khawatir, karena di Batu Bekung ada spot yang dipastikan aman untuk bermain air.

Spot ini merupakan salah satu keunikan yang dimiliki Pantai Batu Bekung, yakni sebuah kolam buatan alam yang terletak persis di pinggir bibir pantai.

Terbentuk dari debur ombak yang berhasil menembus deretan batu karang di pinggir pantai, kolam ini menjadi tempat yang aman untuk bermain air pantai yang terkunci di dalam deretan batu karang ini.

Pantai Baku Bekung. (instagram.com/sukanyasar)
Pantai Batu Bekung. (instagram.com/sukanyasar)

Namun kolam alami ini tidak selalu muncul, pasalnya kolam akan terbentuk hanya jika air laut merangsak masuk ke deretan batu karang.

Kemungkinan debur ombak bisa bermain jauh hingga kawasan kolam adalah ketika air laut pasang. Maka dari itu, harus menunggu air pasang dulu jika ingin menikmati kolam alami ini.

Tak hanya kolam alami, pesona Pantai Baku Bekung yang sayang untuk dilewatkan adalah lanskap alamnya yang didominasi dengan bukit-bukit karang.

Untuk bisa menyaksikan view pemandangan yang cantik, pengunjung bisa naik ke salah satu bukit yang ada di bibir pantai ini.

Pantai Baku Bekung. (instagram.com/siskakum22)
Pantai Batu Bekung. (instagram.com/siskakum22)

Dari ketinggian, panorama Pantai Batu Bekung jika diabadikan dengan bidikan kamera, akan terlihat sangat instagramworthy, lho.

Soal fasilitas, Pantai Batu Bekung sudah menyiapkan toilet, tempat ibadah, hingga parkir 24 jam yang siap membuat nyaman para wisatawan.

Pantai Batu Bekung. (instagram,com/eunikemelody)
Pantai Batu Bekung. (instagram.com/eunikemelody)

Tak hanya itu, terdapat juga warung-warung yang siap disambangi bagi travelers yang ingin meredakan perut keroncongan atau sekadar ingin nongkrong sembari menyicip jajanan.

Bagi yang ingin berkunjung, Pantai Batu Bekung beralamat di Jalur Lintas Selatan, RT.42/RW.05, Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur.

Untuk biaya masuk, dikenakan tarif Rp 10 ribu per orangnya.

Selamat berkunjung ke Pantai Batu Bekung, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini