Travel

Curhat Bule Soal Susahnya Bahasa Indonesia: Bak Negara Api Menyerang

Kaya akan berbagai logat dan bahasa daerah, begini curhat bule saat mendengar bahasa Indonesia.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati

Ilustrasi Kendala Bahasa (Pixabay/libellule789)
Ilustrasi Kendala Bahasa (Pixabay/libellule789)

Guideku.com - Salah satu masalah yang kerap dihadapi saat pergi traveling ke negara lain adalah perbedaan bahasa.

Jika orang Indonesia kerap menghadapi kesulitan dengan bahasa Inggris, ternyata hal yang sama pun berlaku bagi para bule yang berkunjung ke Tanah Air.

Belum lama ini, akun @heeShinju di Twitter membagikan tangkap layar curhatan para bule yang dapat ditemukan di forum Quora.

Salah satunya adalah curhatan bule yang menyebutkan jika kali pertama pindah ke Jakarta, dirinya tidak paham Bahasa Indonesia yang digunakan karena dicampur dengan bahasa daerah.

Selain itu, bule ini juga menyebutkan jika orang Indonesia terbiasa berbicara sangat cepat.

Curhat Bule Soal Susahnya Bahasa Indonesia (twitter.com/heeShinju)
Curhat Bule Soal Susahnya Bahasa Indonesia (twitter.com/heeShinju)

"Orang Indonesia berbicara dengan sangat antusias tapi tidak jelas. Mereka mengekspresikan kalimat dengan senyuman, ekspresi, dan mata. Kadang aku bertanya apakah mereka benar-benar bersemangat atau hanya bersikap sopan."

"Lalu ada banyak logat. Itu seperti negara api menyerang, hanya Avatar, master dari semua logat, yang bisa mengerti. Dan lagi, bahasa daerah berbeda di setiap tempat. Aku hidup 13 tahun di Indonesia dan bahasa gaul di sini telah berevolusi dengan cepat, susah untuk mengikutinya."

Curhatan ini pun lantas dibalas oleh WNA lainnya yang juga merasa kesusahan memahami bahasa Indonesia.

Curhat Bule Soal Susahnya Bahasa Indonesia (twitter.com/heeShinju)
Curhat Bule Soal Susahnya Bahasa Indonesia (twitter.com/heeShinju)

Di sisi lain, netizen Indonesia pun tak mau kalah berkomentar. Banyak yang setuju jika Bahasa Indonesia sebenarnya memang sulit dipahami orang asing.

"Kemampuan rata-rata lidah orang indonesia juga yang memungkinkan untuk mengganti accent dan gaya bahasa dengan mudah dan membaca bahasa lain lebih mudah," tulis seorang netizen.

"Yang bikin orang bule kesel tuh kita, orang Indonesia, nggak pernah bener-bener pake bahasa Indonesia. Kayak kita kalo ngobrol pake bahasa indo juga bukan bahasa indo sehari hari yang mereka pelajarin."

"Jadi inget, kelasku kan muridnya campuran beberapa negara, pas debat sama sesama indo di depan murid China, mereka bilang 'kalian ngerap?'," imbuh yang lain.

"Jangankan orang bule, aku yang asli makhluk Indonesia aja kalo lagi nggak fokus suka ngirain si emak sama temen-temennya ngomong bahasa asing pas ngegibah."

Apa teman travelers juga pernah bertemu orang asing yang merasa kesusahan saat mendengar bahasa Indonesia? Ceritakan di komentar, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini