Travel

Taksi Drone Asli Jogja akan Diluncurkan, Travelers Harap Bersabar Ya!

Membanggakan, Drone Taxi Asli Jogja siap jadi transportasi ramah lingkungan

Silfa Humairah

Taksi Drone di Jogja. (Suara.com/Fatikha Rizky Asteria N)
Taksi Drone di Jogja. (Suara.com/Fatikha Rizky Asteria N)

Guideku.com - Jogja bikin gebrakan! Bakal ada taksi drone yang penerbangannya bakal diluncurkan oleh Presiden RI, Jokowi. Nantinya untuk angkutan umum, weshh... serasa jadi tamu eksclusif nih customernya.

Start Up asal Bangunharjo, Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul, Frogs Indonesia mulai melakukan uji coba menerbangkan taksi drone, di lapangan terbang Gading Gunungkidul, Sabtu (7/3/2020).

Sejumlah personil Frogs Indonesia terlihat mencoba menerbangkan drone yang diproyeksikan sebagai angkutan manusia ini. Makin nggak sabar kan peluncurannya dilansir dari Suara.com.

Setelah melakukan persiapan hampir dua jam, akhirnya taxi drone buatan anak muda Yogyakarta ini didorong ke landasan pacu untuk coba penerbangan pertama kali. Dua kali uji coba yang dilakukan oleh tim dari Frogs Indonesia memang berhasil membuat taxi drone terbang meski hanya sekitar 50 cm.

Para penguji nampaknya belum berani meningkatkan ketinggian terbang dari taxi drone tersebut. Meski keempat baling-baling  sudah  berhasil menangkap body drone tersebut, namun terlihat belum ada kestabilan posisi drone sehingga setelah dua kali uji coba menerbangkannya, tim memutuskan untuk menghentikan proses uji terbang tersebut.

Chief Technology Officer (CTO) Frogs Indonesia, Dede Satria Maulana menjelaskan Taxi Drone merupakan konsep transportasi masa depan yang memanfaatkan sumber tenaga terbarukan, yakni tenaga listrik dengan sistem kontrol otomatis.

“Jadi, memang konsepnya adalah kendaraan masa depan yang cerdas dan ramah lingkungan,” kata Dede sebelumnya, Rabu (26/2/2020) pada Jogja.Suara.com.

Dede menceritakan, banyaknya masalah yang dihadapai negeri ini, terutama dalam bidang transportasi menjadi ide awal pengembangan alat ini.

Selain itu, Taxi Drone sendiri sudah booming di luar negeri. Bahkan negara-negara berkembang juga sudah mulai mengembangkan alat transportasi cerdas ini.

“Kita berfikir, bahwa sebenarnya Indonesia juga bisa bersaing disitu karena kita mampu,” kata Dede.

Jadi tunggu aja ya, taxi drone di lapangan terbang Gading Gunungkidul siap diluncurkan!

Berita Terkait

Berita Terkini