Travel

Italia Diisolasi Karena Covid-19, Travelers Harap Bersabar!

Pemerintah Italia isolasi semua kota!

Silfa Humairah

Ilustrasi wisatawan di Italia. (Pixabay/Kirkandmimi)
Ilustrasi wisatawan di Italia. (Pixabay/Kirkandmimi)

Guideku.com - Italia menjadi destinasi wisata favorit turis dari seluruh dunia. Selain wisata alam, bangunan bersejarah hingga kuliner khas yang cukup ikonik seperti pizza membuat Italia semakin memiliki daya tarik.

Namun, Corona makin merebak di Italia. Pemerintah Italia pun terpaksa mengeluarkan kebijakan lockdown (isolasi) atau membatasi kunjungan di seluruh wilayahnya tak terkecuali kepulauan Sisilia dan Sardinia lantaran wabah virus corona yang sudah sangat mengkhawatirkan. Sedih, travelers nggak bisa ke Italia dulu ya!

Kebijakan kontroversial ini pun bisa dibilang kebijakan yang langka sepanjang berdirinya Italia. Pasalnya dilansir dari Reuters, Selasa (10/3), seluruh wilayah bekas sekutu Nazi itu telah diisolasi hingga 3 April mendatang usai mendapat persetujuan Perdana Menteri (PM) Italia Giuseppe Conte.

Sang PM, Conte bahkan tidak segan mengakui jika negaranya kini darurat sekala nasional gara-gara virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

Destinasi yang dikunjungi Syahrini di Italia (Pixabay/marrybettiniblank)
Destinasi wisatawan di Italia (Pixabay/marrybettiniblank)

"Kami menghadapi keadaan darurat nasional. Kami harus membatasi penyebaran virus agar rumah sakit kami tidak kewalahan (merawat pasien)," kata Conte dalam konferensi pers.

Dilansir Guideku dari Keepo.me, gara-gara kebijakan ini, seluruh warga negara di Italia kini dilarang untuk keluar masuk dari wilayah yang diisolasi. Namun, meski terkesan keras, tapi kebijakan ini masih melunak bagi para mereka yang memiliki izin kerja, petugas kesehatan, dan orang sakit.

Pengumuman Italia diisolasi. (Twitter)
Pengumuman Italia diisolasi. (Twitter)

Kebijakan ini diambil Conte lantaran di negaranya, kasus corona telah lebih dari 460 kasus. Sementara untuk jumlah penderita sudah lebih dari 9.100 orang, terbanyak kedua di dunia setelah Tiongkok.

Sementara itu di tempat terpisah, kepala unit tanggap darurat kawasan Lombardy, Antonio Pesenti, mengklaim jika seluruh rumah sakit di wilayahnya sudah overload alias kewalahan merawat pasien yang terinfeksi corona.

Semoga Italia cepat aman dan terbebas dari virus corona covid-19, biar travelers bisa kembali mengunjungi ikon wisata di sana.

Berita Terkait

Berita Terkini