Travel

Murah Banget! Ini Daftar Menu Makanan di Disneyland Tahun 1960-an

Deretan menu makanan ini sukses menarik perhatian para pecinta Disneyland.

Yasinta Rahmawati | Amertiya Saraswati

Ilustrasi taman hiburan Disneyland. (Pixabay/Sam Chen)
Ilustrasi taman hiburan Disneyland. (Pixabay/Sam Chen)

Guideku.com - Disneyland memang boleh dikenal dengan sebutan tempat paling bahagia di dunia. Namun, tidak bisa dipungkiri jika travelers harus membayar tiket masuk yang cukup mahal jika ingin menikmati atraksi di dalamnya.

Tak hanya tiket masuk, harga makanan di Disneyland pun bisa dibilang mahal. Namun, belum lama ini, sebuah daftar menu restoran di Disneyland menarik perhatian netizen.

Melansir dari laman Insider, daftar menu makanan tersebut ternyata berasal dari Disneyland di era 1960-an!

Restoran yang bernama Tahitian Terrace Restaurant tersebut adalah restoran yang menyajikan kuliner Polinesia dan dibuka pada tahun 1962.

Meski akhirnya tutup pada tahun 1993, namun restoran tersebut dulunya terkenal menyajikan aneka macam makanan dari barbeque hingga seafood.

Menu Disneyland Tahun 1960-an (twitter.com/MgtyMicroscope)
Menu Disneyland Tahun 1960-an (twitter.com/MgtyMicroscope)

Namun, apa yang menarik perhatian netizen adalah harganya. Jika dibandingkan dengan harga makanan saat ini, tentu saja harga makanan Disneyland di tahun 1960-an menjadi tampak murah.

Sebagai contoh, barbeque daging dengan udang tempura, sayur dan nasi hanya dihargai USD 3,25 saja.

Sementara, menu makanan termahal adalah sirloin teriyaki dengan sayur, nasi, dan nanas yang dibanderol dengan harga USD 3,95.

Jika dihitung dengan kurs tukar USD ke rupiah pada masa itu, maka harga makanan di Disneyland hanyalah Rp 3.900 hingga Rp 4.700-an saja.

Taman Hiburan Disneyland. (pixabay.com/rgrivas10)
Taman Hiburan Disneyland. (pixabay.com/rgrivas10)

Barulah jika tingkat inflasi dihitung, harga makanan tersebut ternyata bisa mencapai ratusan ribu rupiah! Bagaimana tidak, 1 dolar pada masa itu ternyata bernilai 8,72 dolar di masa sekarang.

Sehingga, menu seharga USD 3,95 pada saat itu sama artinya dengan USD 34,4 atau Rp 507.000.

Melihat daftar menu yang murah tersebut, tak sedikit netizen yang merasa kaget dan membanding-bandingkannya dengan harga saat ini.

"Hari-hari masa lalu yang menyenangkan..."

"Jika aku bisa berkunjung ke periode mana pun di masa lalu, aku akan mendatangi Disneyland pada awal 1960-an."

"Hei Disneyland, jika kalian akan melakukan malam bertema 60-an, kalian HARUS mendatangkan menu ini lagi," imbuh netizen lain.

Berita Terkait

Berita Terkini