Travel

Waspada Covid-19, Kemenparekraf Tunda Kegiatan Promosi untuk Turis Asing

Kebijiakan ini dirilis lantaran WHO yang menyatakan virus corona Covid-19 sebagai pandemi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fitri Asta Pramesti

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio. [Suara.com/Alfian Winanto]
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio. [Suara.com/Alfian Winanto]

Guideku.com - World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia resmi menyatakan virus corona Covid-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 sebagai pandemi. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu (11/3/2020) kemarin.

Ia menyebut penetapan corona Covid-19 sebagai pandemi ini dilakukan menyusul adanya kasus penularan yang menjangkit lebih dari 118 ribu orang di lebih dari 110 negara saat ini.

Berkaca pada hal ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memutuskan untuk menunda kegiatan promosi wisata bagi turis mancanegara.

Pengumuman penundaan ini dirilis melalui akun resmi twitter Kemenparekraf, @kemeparekraf, pada Sabtu (14/3/2020).

"Merespons penetapan status pandemi Virus Corona oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), Menparekraf @wishnutama memutuskan menunda kegiatan promosi yg ditujukan kepada wisatawan mancanegara hingga pandemi ini dinyatakan berakhir," tulis @kemenparekraf seperti dikutip Guideku, Sabtu (14/3/2020).

Kemenparekraf Tunda Kegiatan Promosi untuk Turis Asing. (twitter.com/Kemenparekraf)
Kemenparekraf Tunda Kegiatan Promosi untuk Turis Asing. (twitter.com/Kemenparekraf)

Keputusan ini, sambung pihak Kemenparekraf, diambil untuk melindungi masyarakat serta mencegah meluasnya penyebaran wabah COVID-19 di Indonesia.

"Kami terus memantau dan memutuskan untuk menunda promosi dan memberikan insentif untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Sampai pandemi ini berakhir, baru kita siapkan upaya itu kembali," kata Wishnutama dalam rilis Kemenparekraf.

Sejak Jumat (13/3/2020) kemarin, kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Paling baru, positif Covid-19 telah bertambah menjadi 69 kasus.

Tetap waspada dan selalu jaga kesehatan ya, travelers!

Catatan Redaksi:
Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Berita Terkait

Berita Terkini