Travel

Masjid Terindah di Dunia, Indonesia Ada Juga Lho!

Rekomendasi untuk travelers yang ingin mengunjungi masjid fenoemnal di negara mayoritas muslim

Silfa Humairah

Masjid Nur Astana. (kontraktorkubahmasjid)
Masjid Nur Astana. (kontraktorkubahmasjid)

Guideku.com - Wisata religi yakni mengunjugi tempat ibadah juga menjadi wisata yang dilakukan banyak orang saat mengunjugi negara-negara di dunia. Seperti misalnya mengunjungi masjid terindah dan fenomenal.

Negara yang memiliki penghuni mayoritas beragama Islam, maka masjid-masjid ini menjadi rekomendasi untuk travelers yang mengunjungi negara mayoritas muslim. Berikut masjid fenomenal yang dirangkum Guideku.com dari Keepo.me.

Masjidil Haram, Arab Saudi

Masjidil Haram, Arab Saudi. (Shutterstock)
Masjidil Haram, Arab Saudi. (Shutterstock)

Masjid ini berdiri megah di Makkah, mengelilingi Ka’bah, kiblat bagi umat muslim di seluruh dunia. Tentu banyak orang memimpikan bisa salat 5 waktu di masjid ini dan memanjatkan doa kepada Tuhan. Masjid terindah di dunia ini tidak pernah sepi, apalagi ketika bulan haji tiba, umat muslim dari seluruh dunia berkumpul di masjid ini.

Masjid dengan luas 356.800 meter persegi ini memiliki sembilan menara. Tahun 2020 ini, Masjidil Haram diperkirakan mampu menampung sampai 2 juta jamaah sekaligus. Hal itu tentu mengagumkan, apalagi masjid ini memiliki arsitektur yang luar biasa indah dan menakjubkan. Masjid ini menjadi saksi perjalanan Islam yang panjang sebagai salah satu agama terbesar di dunia.

Masjid Nur Astana di Kazakhstan

Masjid Nur Astana. (kontraktorkubahmasjid)
Masjid Nur Astana. (kontraktorkubahmasjid)

Masjid indah ini terletak di tepian sungai kota Astana, Ibukota Kazakhstan. Bukan hanya menjadi Masjid terbesar di Kazakhstan, Masjid ini pun menjadi Masjid terbesar kedua di wilayah Asia Tengah. Masjid ini memiliki luas keseluruhan mencapai 4000 meter persegi dan mampu menampung sebanyak 5000 jemaah.

Dibangun dengan bahan batu granit dan beton, Masjid ini tampak begitu megah dan kokoh. Kubah Masjid ini pun benar-benar dilapisi emas sehingga setiap kali tersorot sinar matahari, kilauannya semakin terpancar. Meskipun di sekitarnya berdiri gedung-gedung super modern, namun Masjid ini tetap tampak begitu harmonis dengan sekitarnya.

Masjid Sultan Salahudin Abdul Aziz Shah di Malaysia

Masjid Sultan Salahudin. (Abdul Aziz Shah)
Masjid Sultan Salahudin. (Abdul Aziz Shah)

 

Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Negeri Selangor ini menjadi simbol keagungan Islam serta kedaulatan umat Islam di Malaysia. Masjid ini merupakan salah satu Masjid terbesar di Malaysia. Salah satu keindahan Masjid ini ialah warna menaranya yang biru dan setiap malam menara biru tersebut tampak meski temaram. Tapi itulah justru keindahan Masjid ini ketika dilihat dari jarak yang pas.

Masjid ini berdiri di atas kawasan seluas 14,6 hektar di pusat Bandar Shah Alam. Dengan seluas itu, Masjid ini mampu menampung sebanyak 24 ribu jemaah yang datang untuk beribadah, beristirahat, atau sekadar foto-foto saja.

Masjid Badshahi di Pakistan

Masjid Badshahi (umrohtravelhalal)
Masjid Badshahi (umrohtravelhalal)

Masjid Badshahi atau Masjid Raja ini merupakan Masjid terbesar kedua di Pakistan, terbesar kedua di Asia Selatan, dan Masjid terbesar ketujuh di dunia. Masjid ini bisa menampung 10 ribu jamaah di ruang salat utama, dan 100 ribu jamaah di halaman juga serambi. Kebanggaan umat Islam khususnya yang tinggal di Pakistan ini bahkan telah tercatat dalam UNESCO World Heritage Site.

Masjid Badshahi dibangun pada tahun 1673 oleh raja keenam dinasti Mughal Aurangzeb Alamgir, putra dari Shah Jahan yang membangun Taj Mahal. Kini, Masjid ini pun telah menjadi simbol kota Lahore serta menjadi pariwisata bagi turis lokal maupun mancanegara yang penasaran ingin melihat bangunan dari masa kejayaan Mughal.

Masjid Raya Baiturrahman di Aceh

Masjid Raya Baiturrahman di Aceh. (Pixabay/zulmahdi)
Masjid Raya Baiturrahman di Aceh. (Pixabay/zulmahdi)

Masjid yang berdiri di Serambi Makkah ini merupakan salah satu masjid terindah di Indonesia. Bukan hanya itu, Masjid ini pun menjadi salah satu yang tertua dan masih berdiri hingga saat ini. Berdiri di pusat kota Banda Aceh, Masjid ini dibangun pada era Kesultanan Aceh yang dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1612.

Masjid ini pernah dibakar oleh Belanda, namun dibangun kembali pada tahun 1879 sampai tahun 1881. Arsitektur Masjid ini bergaya Moghul (India) dengan kepala arsiteknya yaitu De Bruchi. Hingga kini, Masjid Raya Baiturrahman kokoh berdiri dengan keindahannya.

Berita Terkait

Berita Terkini