Travel

Pakai Masker, Perempuan China Ini Tetap Kena Tindakan Rasis di Kereta

Mengetahui adanya tindakan rasis, penumpang lain pun ikut membela perempuan China tersebut.

Silfa Humairah | Fitri Asta Pramesti

Ilustrasi kereta api. (Unsplash/Viktor Forgacs)
Ilustrasi kereta api. (Unsplash/Viktor Forgacs)

Guideku.com - Semenjak munculnya wabah Covid-19, warga keturunan China yang tengah berada di luar negeri kerap menerima tindakan rasis dari orang-orang tak bertanggung jawab yang kelewat panik soal virus corona.

Belum lama ini, seorang perempuan China yang tengah berada di sebuah kereta yang melaju di kota Birmingham, Inggris, harus menerima perlakukan tak menyenangkan dari penumpang lain hanya karena ia memakai masker.

Melansir dari laman Nextshark, Jumat (20/3/2020), sebuah gerbong kereta dibikin heboh oleh ulah seorang penumpang yang menyebut perempuan China yang memakai masker itu terkena corona.

Penumpang lain bernama David Superbreed Joyce, yang kala itu juga berada di kereta yang sama, membagikan detil peristiwa tindakan rasis ini melalui akun facebook.

"Perempuan Amerika Selatan ini rasis dengan menyebut seorang perempuan China corona," tulis Joyce pada caption.

Ilustrasi kereta api. (Unsplash/Dark room)
Ilustrasi kereta api. (Unsplash/Dark room)

Disebutkan, peristiwa bermula ketika seorang perempuan Amerika yang tak disebutkan namanya itu tiba-tiba melontarkan pertanyaan soal corona ke perempuan China yang memakai masker.

"Kenapa kamu pakai masker? Kamu China dan kamu corona," ujar si perempuan Amerika.

Mendengar pertanyaan ini, perempuan China pun lantas menjelaskan bahwa ia baru saja terkena kanker tahun lalu dan menjalani kemoterapi. Pun, ia memang selalu memakai masker saat berada di transportasi publik, jauh sebelum adanya wabah corona.

Mengetahui perempuan China yang menerima perlakuan tidak menyenangkan ini, penumpang lain yang ada di kereta pun mulai angkat suara, membela perempuan China.

"Ya kalau dia mau pakai masker ya biarin. Itu tidak mengganggu orang lain kok," kata Joyce.

Seorang penumpang lain juga menyebut apa yang dilakukan perempuan Amerika ini merupakan tindakan yang tidak sopan.

"Dia telah menjelaskan bahwa ia sedang sakit. Dia hanya melindungi dirinya dan orang lain. Dia ke sini untuk bekerja," ujar penumpang lain ikut membela.

Sempat berdebat dengan penumpang lain, perempuan Amerika ini pun akhirnya meninggalkan kereta sambil meneriakkan kata "Inggris".

Duh, benar-benar tindakan yang tidak bertanggung jawab. Waspada boleh, tapi jangan sampai merugikan orang lain seperti ini, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini