Pertama Kali Terjadi Masjid Al-Aqsa Ditutup, Cegah Wabah Corona

Pertama kalinya sejak 1967, Kompleks Masjid Al-Aqsa sepenuhnya ditutup demi mencegah penyebaran Covid-19.

Silfa Humairah
Senin, 06 April 2020 | 11:01 WIB
Masjid Al Aqsa. (Shutterstock)

Masjid Al Aqsa. (Shutterstock)

Guideku.com - Kini wabah Covid-19 berdampak langsung pada berbagai kegiatan masyarakat, termasuk rumah ibadah objek wisata hingga tempat umum. Bahkan Kompleks Masjid Al-Aqsa sepenuhnya ditutup demi mencegah penyebaran Covid-19.

Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem telah sepenuhnya ditutup sejak Senin, 23 Maret 2020. Hal tersebut resmi diumumkan oleh otoritas pengelola situs-situs suci umat muslim di Kota Yerusalem. Langkah ini dilakukan tak lain untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Ini adalah pertama kalinya sejak 1967, situs tersuci ketiga Islam akan ditutup untuk jemaah karena arah Waqf, yayasan muslim yang mengelola kompleks,” ujar Direktur Masjid Al-Aqsa, Sheikh Omar al-Kisswani kepada AFP.

Baca Juga: Alfi Saga Bikin Dalgona Coffee untuk Istri, Endingnya Bikin Ngenes

Israel sebagai pengelola pintu masuk kompleks situs suci juga telah menutup akses ke situs titik kumpul utama. Berdasarkan pernyataan Waqf pada Minggu, 22 Maret 2020, jemaah tidak diizinkan mengunjungi situs suci untuk sementara, “sebagai tanggapan atas rekomendasi agama dan medis” tuturnya.

Sebelum ditutup, sejumlah ratusan orang masih menghadiri salat pada hari Jumat. Meski demikian, jumlah tersebut sudah menurun drastis. Biasanya, jemaah yang hadir bisa mencapai 30 ribu orang. Hal ini disebabkan oleh langkah-langkah pencegahan wabah Covid-19 yang diambil pihak yayasan Waqf.

“Hanya karyawan masjid yang akan dapat terus beribadah di bagian luar masjid,” tambahnya.

Baca Juga: India Ubah Gerbong Kereta Jadi Barak Isolasi untuk Pasien Corona

Langkah penutupan Masjid Al-Aqsa sebelumnya telah dilakukan namun hanya tempat salat di dalam area masjid yang ditutup. Salat berjamaah tetap dilaksanakan di ruang terbuka dalam area Masjid Al-Aqsa.

Melihat perkembangan kasus Covid-19 yang semakin masif, pihak otoritas kini mengubah kebijakan dan memutuskan untuk menutup Masjid Al-Aqsa sehingga yang bisa melaksanakan salat di bagian luar masjid hanya karyawan masjid.

Pihak berwenang di berbagai negara kini sudah melakukan pembatasan kegiatan yang melibatkan banyak orang, termasuk ibadah massal. Taman publik, objek wisata, sekolah, dan lembaga-lembaga pendidikan lain pun ditutup untuk menghindari interaksi dengan banyak orang.

Baca Juga: Wika Salim Kangen Liburan, Netizen: Aku Kangen Kamu

Sejauh ini, Kementerian Kesehatan Israel sudah melaporkan 1.071 kasus Covid-19 dan satu kematian. Sementara itu, pemerintah Palestina mengumumkan 57 warganya positif terpapar Covid-19 di wilayah Tepi Barat. Otoritas Jalur Gaza pun telah melaporkan dua kasus pertama Covid-19 pada hari Minggu, 22 Maret 2020 lalu.

Penutupan tempat ibadah dan pembatasan kegiataan keagamaan massal bukan hal yang seharusnya ditentang masyarakat, sebagaimana yang sempat terjadi di Indonesia. Hal itu tentunya diberlakukan demi menjaga keselamatan bersama di tengah wabah penyakit ini dilansir Guideku.com dari Keepo.me.

Baca Juga: Karina Suwandi Berhasil Bikin Tempe Sendiri, Yuk Intip Resepnya!

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak