Travel

Pemandangannya Menghipnotis! Usai Pendemik ke Tebing Apparalang Yuk

Objek wisata ini adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan yang sedang naik daun

Silfa Humairah

Tebing Apparalang. (instagram@baimfkr)
Tebing Apparalang. ([email protected])

Guideku.com - Udah tahu kemana usai pendemik corona ini usai? Cari tempat paling memukau dan bikin damai hati setelah lama lakukan self quarantine. Pantai Apparalang jadi rekomendasi. Objek wisata ini adalah sebuah tempat wisata di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan yang sedang naik daun karena keindahan alamnya yang menakjubkan tapi baru terkenal baru-baru ini saja.

Dalam Bahasa Bulukumba, apparalang memiliki arti ujung yang dalam. Tidak jelas siapa yang pertama kali memberikan nama tersebut pada awalnya. Namun sejak dahulu kala, warga lokalnya sudah menyebut wilayah tersebut dengan Apparalang.

Apparalang terletak di Desa Ara, tepatnya di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Tempat ini tidak begitu jauh dari Pantai Bira dan hanya berjarak kurang lebih 20 km.

Perjalanan menuju terbilang Apparalang cukup mengasyikkan. Di sepanjang jalan, kamu akan melihat barisan hutan belantara yang tumbuh pada bebatuan. Tebing Appaaralang bisa dikatakan sebagai surga yang tersembunyi. Kamu harus banyak bertanya tentang lokasi pantai ini saat kawasan ini masih baru hits dilansir Guideku.com dari Keepo.me.

Sebelum dijadikan objek wisata, warga harus melewati hutan untuk sampai di pantainya. Jalur pulang dan perginya pun berbeda. Jalanan berupa betonnya hanya bisa menampung sebuah mobil saja. Bagi yang baru pertama kali datang, diharapkan untuk berhati-hati ketika menyetir kendaraan. Terdapat sebuah jalanan menurun yang cukup curam meski sudah mulus oleh beton.

Sesampainya di Pantai Apparalang, kamu tidak akan berhenti mengagumi keindahannya. Terdapat dua spot favorit pengunjung di mana mereka bisa berkumpul di ujung tebing. Spot pertama terletak di batu besar yang ada di bawah tebing. Pengunjung harus turun melalui tangga yang telah disediakan. Hempasan ombak, kencangnya angin, tebing batu yang berjejer membuat siapa saja akan terkagum-kagum.

Spot kedua yang wajib dihampiri terletak di sebelah kanan pantai. Terdapat semacam dermaga kayu sekitar yang panjangnya tidak kurang dari 15 meter. Bila kamu datang di saat air sedang pasang lengkap dengan angin kencang di siang hari, kamu dapat menikmati keindahan ombak yang memukul keras batuan di sekitarnya.

Banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan di Pantai Apparalang. Mulai dari berfoto, diving, bahkan terjun bebas dari tebing dengan ketinggian 30 meter.

Keindahan Tebing Apparalang sanggup membuat siapa saja terhipnotis untuk tetap tinggal dan tidak ingin pulang dari sana. Ada cerita menarik dari tebing ini.

Dahulunya, kawasaan tebingnya sering dijadikan sebagai tempat penyelundupan kayu illegal. Apakah kamu adalah salah satu yang sudah menjadi saksi hidup dari keindahan pesisir ini, guys? Langsung bikin list ke sini usai pendemik Corona. 

Berita Terkait

Berita Terkini