Di Negara Ini, Kedewasaan Dibuktikan dengan Loncat dari Jembatan Lho!

Turis yang cukup nekat juga boleh ikutan, lho!

Silfa Humairah
Rabu, 08 April 2020 | 15:45 WIB
Ilustrasi Jembatan Tali (Pixabay/confused_me)

Ilustrasi Jembatan Tali (Pixabay/confused_me)

Guideku.com - Di berbagai negara. ada berbagai macam ritual kedewasaan di dunia ini, mulai dari yang berupa pesta ulang tahun, liburan nasional yang ditetapkan pemerintah, hingga tradisi Bar Mitzvah.

Namun, dibandingkan dengan semua itu, ritual kedewasaan bagi lelaki di Mostar, Republik Bosnia ini pasti akan terdengar ekstrem.

Di sana, lelaki dianggap sudah berusia dewasa saat mereka menginjak umur 16 tahun. Pada saat itulah, para lelaki diharuskan untuk melompat dari jembatan Stari Most ke dalam sungai Neretva yang berada di bawahnya.

Baca Juga: Jahil Banget! Tulisan Pengumuman di Warung Ini Bikin Netizen Mencak-mencak

Yang bikin merinding, jembatan ini nggak main-main tingginya. Yup, jembatan Stari Most ini memiliki ketinggian 24 meter dan kecepatanmu saat jatuh turun ke bawah sana bisa mencapai 80km/jam, lho!

Meski berbahaya, warga lokal tetap percaya jika hidup seorang lelaki akan gagal jika dia tidak berani melompat dari jembatan ini. Lelaki tersebut dipercaya akan jomblo selamanya dan tak mendapat pekerjaan.

Ritual Kedewasaan Bagi Lelaki di Mostar (Pixabay/921creatives)
Ritual Kedewasaan Bagi Lelaki di Mostar (Pixabay/921creatives)

 

Baca Juga: Bentuk Mie Jadi Kotak, Bekal Ini Sukses Bikin Netizen Nostalgia

Namun, yang lebih unik lagi, tradisi melompat dari jembatan Stari Most ini rupanya juga dibuka bagi wisatawan dan turis yang ingin mencoba mengetes keberanian.

Saking istimewanya ritual kedewasaan bagi lelaki di Mostar ini, mereka bahkan sampai membuat sebuah buku yang berisikan daftar nama-nama orang yang pernah meloncat.

Bagi mereka, keberanian yang ditunjukkan oleh para turis merupakan sesuatu yang patut diapresiasi dan dikenang selamanya. Turis-turis pemberani ini bahkan memperoleh sertifikat.

Baca Juga: Bikin Hotteok Snack Khas Korea, Lengkapi Dalgona Coffee di Rumah Aja

Turis-turis yang tertarik ini nantinya akan mendapat pelatihan lebih dulu dari Mostari Diving Club. Perkumpulan yang satu ini memang dibentuk untuk melakukan pertunjukan melompat ke sungai bagi turis dan mengajari turis yang cukup nekat.

Ritual Kedewasaan Bagi Lelaki di Mostar (Pixabay/croatiatipscom)
Ritual Kedewasaan Bagi Lelaki di Mostar (Pixabay/croatiatipscom)

Hanya saja, meski ini bisa membuatmu tampak seribu kali lipat keren, jangan lupa bahwa kegiatan ini tetap mengandung risiko ya, guys!

Konon, ada empat orang yang pernah tewas karena melakukan ritual ini, sementara beberapa lainnya mengalami luka seperti patah tulang.

Baca Juga: Kontras, Ini 5 Foto Perbedaan Yogyakarta Sebelum dan Saat Pandemi Corona

Tidak cuma itu, turis pun harus membayar selama 25 euro atau sekitar Rp 436.000 untuk mencoba melompat dari sini. Wow banget kan harganya?

Jadi, sebelum kamu menantang dirimu untuk coba-coba ritual kedewasaan bagi lelaki di Mostar ini, pastikan kamu benar-benar siap dan tahu tekniknya, ya! Jangan sampai asal melompat, apalagi mencelakakan diri sendiri, travelers! (Amertiya Saraswati)

Berita Terkait TERKINI
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Tampilkan lebih banyak