Traveler akan Semakin Peduli Lingkungan Usai Pandemi, Ini Kata Peneliti

Sebanyak 93 persen wisatawan Indonesia menganggap wisata berkelanjutan sebagai hal penting

Silfa Humairah
Jum'at, 05 Juni 2020 | 07:00 WIB
Perempuan hobi traveling. (Pixabay/Pexels)

Perempuan hobi traveling. (Pixabay/Pexels)

Guideku.com - Traveler akan Semakin Peduli Lingkungan Usai Pandemi, Ini Kata Peneliti. 

Booking.com ungkap temuan utama laporan wisata berkelanjutan. Pariwisata berkelanjutan adalah konsep mengunjungi suatu tempat sebagai seorang wisatawan dan berusaha membuat dampak positif terhadap lingkungan, masyarakat, dan ekonomi usai pandemi.

Pariwisata di Indonesia digadang-gadang menjadi satu sektor 'penyelamat' ekonomi negara. Dampak multiplier effect yang muncul dari kehadiran wisatawan asing maupun lokal di suatu daerah diharapkan dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi lokal hingga nasional.

Baca Juga: Beli Ayam Geprek dan Es Teh, Warganet Ini Malah Dapat Bonus Ikan Hidup

Dilansir dari rilis Booking.com, temuan ini menunjukkan bahwa jika wisata sudah dibuka kembali, wisatawan Indonesia memilih opsi berkelanjutan untuk akomodasi dan moda transportasi ramah lingkungan.

Sebanyak 93 persen wisatawan Indonesia menganggap wisata berkelanjutan sebagai hal penting bagi mereka, sementara 72 persen mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk memilih opsi berkelanjutan ketika akan berwisata lagi di masa depan. Wisatawan Indonesia mengatakan mereka membawa botol air minum mereka.

Di tengah masa yang penuh ketidakpastian mengenai nasib kegiatan pariwisata, penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh pemimpin perjalanan digital, Booking.com, mengungkapkan tren positif terkait komitmen para wisatawan untuk memilih dan menerapkan wisata berkelanjutan di masa depan.

Baca Juga: Warganet Ini Bikin Action Figure Keluarga dari Kue Kastengel, Kreatif!

Untuk memudahkan wisatawan menemukan dan memilih wisata berkelanjutan, koalisi the Travalyst, kemitraan global yang diinisiasi oleh The Duke of Sussex bersama dengan Booking.com dan perusahaan-perusahaan terkemuka lainnya, baru-baru ini mengumumkan perkembangan dari kerangka Kerja Baru yang mendukung perkembangan dan tingkatkan pilihan akomodasi, penerbangan dan pengalaman berkelanjutan di seluruh industri.

Tujuan dari pariwisata berkelanjutan adalah untuk memberi para wisatawan pengalaman liburan yang menyenangkan sekaligus juga mendidik, lagi bermanfaat bagi orang-orang di negara atau lokasi yang dikunjungi.

Baca Juga: Gokilnya Pedagang Bakso Pentol Ini Jualan Sambil Setel Lagu Dugem, Bak DJ

Berita Terkait TERKINI
Inilah deretan tempat wisata Cianjur yang cocok dikunjungi saat musim libur Lebaran....
travel | 11:30 WIB
Beberapa destinasi wisata religi ini cocok dikunjungi saat libur Lebaran....
travel | 11:15 WIB
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Tampilkan lebih banyak