Film Tilik Trending Angkat Pariwisata Bantul, Berikut Wisata Ikoniknya

Selain pemandangan jalan yang disusuri di film Tilik, kawasan Bantul sendiri juga punya banyak keistimewaan lainnya.

Silfa Humairah
Sabtu, 22 Agustus 2020 | 12:30 WIB
Pantai Parangtritis. (Unsplash/MicBima)

Pantai Parangtritis. (Unsplash/MicBima)

Guideku.com -  Film tilik dengan tokoh utama Bu Tejo trending di Twitter, film tersebut kini juga mengangkat keindahan wisata Bantul

Film garapan Wahyu Agung Prasetyo itu menceritakan ibu-ibu desa yang melakukan perjalanan menggunakan truk untuk menengok Bu Lurah di rumah sakit. Di sepanjang film, penonton diajak seolah-olah berada di truk yang sama dengan ibu-ibu yang hobi bergunjing itu. Penonton dapat melihat pemandangan hutan pinus, persawahan, hingga jalanan Kota Yogyakarta.

Selain pemandangan jalan yang disusuri di film Tilik, kawasan Bantul sendiri juga punya banyak keistimewaan lainnya. Berikut objek wisatanya yang dirangkum Suara.com dari berbagai sumber.

Baca Juga: Heboh Video Masak Ikan Pakai Paper Klip, Warganet: Diet Nggak Gini Juga

1. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara. (Instagram/@rahmimahayunsari)
Pantai Goa Cemara. (Instagram/@rahmimahayunsari)

Pantai sangat identik dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi di bagian tepiannya. Tapi lain halnya dengan yang ada di Pantai Goa Cemara. Pantai ini begitu teduh karena di tumbuhi oleh pohon-pohon cemara yang menjulang tinggi.

Wisatawan juga mencoba sejumlah aktivitas liburan menarik seperti berkemah, naik ATV sampai dengan keliling pantai mengendarai kuda. Berlokasi di Desa Gadingsari, jika ingin menikmati indahnya Pantai Goa Cemara ini Anda akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp 10 ribu.

Baca Juga: View Dusun Butuh di Gunung Sumbing Disebut Netizen Mirip di Jepang

2. Pantai Depok

Pantai Depok. (Instagram/@betazudia)
Pantai Depok. (Instagram/@betazudia)

Lokasinya tak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis. Namun, pantai ini begitu populer dengan aneka masakan seafoodnya yang segar dan murah meriah.

Beberapa warung makan seafood di Pantai Depok sendiri lokasinya langsung menghadap ke pantai. Jadi Anda bisa menikmati seafood sembari melihat indahnya sunset di Pantai Depok dari kejauhan.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Soal Nasi Goreng: Topping Durian Hingga Pakai Pisang

Berlokasi di Kecamatan kretek, tiket masuk ke Pantai Depok ini sendiri dibanderol sebesar Rp 10 ribu per orang.

3. Pantai Samas

Pantai Samas. (Instagram/@vinafleta)
Pantai Samas. (Instagram/@vinafleta)

Unik dan tak biasa, Anda bisa menjumpai sebuah jembatan di tengah-tengah Sungai Opak di Pantai Samas ini. Sungai Opak tersebut terletak begitu dekat dengan laut dan hanya dipisahkan oleh pasir pantai saja, lho.

Berkunjung ke Pantai Samas, sejumlah spot Instagramable juga dapat Anda jumpai di sini. Biaya retribusi untuk masuk Pantai Samas sendiri dapat dibeli seharga Rp 10 ribu per orang.

4. Pantai Barchan

Pantai Barachan. (Instagram/@ary_kusnanto)
Pantai Barachan. (Instagram/@ary_kusnanto)

Pantai yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga para wisatawan. Masih begitu asri, banyak warga lokal dan wisatawan yang belum menjamahnya.

Kendati demikian, terdapat fasilitas yang membuat Anda betah bermain di Pantai Barchan ini. Beberapa di antaranya yakni paralayang dan juga ATV.

Sama seperti pantai lain, tiket masuk Pantai Barchan ini sendiri dibanderol seharga Rp 10 ribu per orang.

5. Goa Selarong

Goa Selarong sebenarnya merupakan salah satu objek wisata bersejarah yang menarik disambangi di Yogyakarta. Dahulu, Goa Selarong ini merupakan markas Pangeran Diponegoro ketika melakukan aksi perang gerilya melawan penjajah Belanda di tahun 1825-1830.

Objek wisata ini juga menarik bagi kalian yang hobi hiking, karena untuk mencapai Goa Selarong Anda harus terlebih dahulu menaiki puluhan anak tangga.

Jadi jangan lupa juga ya untuk membawa air minum ketika hendak berkunjung ke Goa Selarong.

6. Hutan Pinus Dlingo

Menjelang New Normal, Destinasi Wisata di Bantul Ini Segera Dibuka. (Instagram/@cindy_wandira)
Menjelang New Normal, Destinasi Wisata di Bantul Ini Segera Dibuka. (Instagram/@cindy_wandira)

Penikmat wisata alam sudah pasti jatuh cinta ketika menginjakkan kaki di Hutan Pinus Dlingo. Destinasi wisata ini memiliki segudang spot Instagramable yang akan membuat kalian betah.

Lokasi Hutan Pinus Dlingo ini banyak dipilih oleh wisatawan sebab suasananya begitu tenang dan cocok untuk dijadikan pelarian demi melepas penat serta stres di akhir pekan.

Di sekitar Hutan Pinus Dlingo juga banyak dibuka lapak oleh-oleh, cinderamata, dan juga warung makan untuk wisatawan, jadi kalian sudah tak perlu khawatir lagi.

Tempat-tempat wisata Bantul itu cocok untuk traveler kunjungi saat libur long weekend. Ingat, tetap perhatikan protokol kesehatan pencegahan Corona ya agar liburanmu tetap sehat dan menyenangkan.

Berita Terkait TERKINI
Inilah deretan tempat wisata Cianjur yang cocok dikunjungi saat musim libur Lebaran....
travel | 11:30 WIB
Beberapa destinasi wisata religi ini cocok dikunjungi saat libur Lebaran....
travel | 11:15 WIB
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Tampilkan lebih banyak