5 Destinasi Wisata yang Cocok Dikunjungi Usai Masa PPKM Darurat Berakhir

Wah ada di mana saja ya rekomendasi wisatanya? Yuk intip selengkapnya berikut ini.

Arendya Nariswari
Minggu, 25 Juli 2021 | 16:00 WIB
Ilustrasi liburan. (Unsplash/Jake Young)

Ilustrasi liburan. (Unsplash/Jake Young)

Guideku.com - Indonesia dianugerahi keindahan alam yang mempesona dan potensial dijadikan wisata alam untuk melepas penat dari rutinitas pekerjaan.

Kekinian pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membuat hasrat libur untuk ditahan lebih dahulu.

Namun  tidak ada salahnya kan,  jika kita mencatat wishlist atau daftar destinasi wisata alam untuk dikunjungi jika PPKM sudah dilonggarkan.

Baca Juga: Penjual Pentol Pasang Spanduk, Publik Malah Ngakak Lihat Tulisan Ini

Nah berikut ini, yuk simak daftar wisata alam yang direkomendasikan, berdasarkan siaran pers RedDoorz, Sabtu (24/7/2021):

1. Terasering Panyaweuyan, Argapura, Majalengka.  

Terasering Panyaweuyan, Argapura, Majalengka.   (Dok: RedDorz)
Terasering Panyaweuyan, Argapura, Majalengka. (Dok: RedDorz)

Provinsi Jawa Barat dikenal memiliki banyak pemandangan alam yang indah dan asri, salah satunya adalah Terasering Panyaweuyan yang berada di Kecamatan Argapura. Terasering merupakan suatu pola atau teknik bercocok tanam dengan sistem bertingkat (berteras- teras) sebagai upaya pencegahan erosi tanah.

Baca Juga: Klepon Disebut Onde-Onde di Jepang, Publik Gagal Fokus Lihat Fotonya

Terasering yang terletak di kaki gunung Ciremai ini terbentang lebar sejauh mata memandang, dibentuk undakan dengan ukuran sangat rapat atau dengan ukuran sama setiap bagian bukit. Cocok untuk dijadikan wishlist liburan kamu nanti saat pandemi selesai, yaitu mengunjungi Majalengka untuk melihat keindahan terasering yang amat rapi ini.

2. Danau Kaolin, Belitung, Bangka Belitung

Danau Kaolin, Belitung, Bangka Belitung. (Dok: RedDorz)
Danau Kaolin, Belitung, Bangka Belitung. (Dok: RedDorz)

Terletak di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Danau Kaolin merupakan danau yang terbentuk di area bekas penambangan kaolin di mana menjadi salah satu kekayaan tambang yang memang dikenal sebagai hasil bumi Bangka Belitung.

Baca Juga: Romantis Abis! Pria Ini Beri Es Krim Kekasih yang Tengah Isoman Pakai Drone

Kaolin sendiri merupakan bahan baku industri berupa batuan atau lempung berwarna putih. Kaolin biasanya digunakan untuk pembuatan keramik, obat-obatan, kertas berlapis, kosmetik, dan pasta gigi namun kebanyakan digunakan untuk pembuatan porselen.

Kesan pertama usai melihat area danau ini adalah, seperti berada di antartika, melihat banyaknya pemandangan putih yang tidak biasa ini. Walaupun danau ini merupakan sebuah luka karena eksploitasi, setidaknya, alam kembali merestorasi tempat ini menjadi wishlist destinasi wisata alam yang patut dikunjungi.

3. Brown Canyon, Tembalang, Semarang

Baca Juga: Prank Santap Kotoran Kucing, Pria Ini Sukses Bikin Keluarga Panik

Brown Canyon adalah sebuah bekas penambangan tanah di Tembalang, Semarang. Lokasi ini menjadi salah satu lokasi yang menarik di Semarang dan dianggap mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Kemiripan ini terletak pada bukit-bukit yang berubah menjadi tebing-tebing curam.

Sebenarnya, Brown Canyon bukan destinasi wisata resmi dari pemerintah. Akan tetapi, keunikan yang ada pada lokasi ini menarik sejumlah wisatawan untuk berfoto ria seakan-akan berada di Grand Canyon, Amerika Serikat, cocok untuk dijadikan wishlist yang bisa dikunjungi nanti.

4. Air Terjun Lepo Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Air Terjun Lepo Dlingo, Bantul, Yogyakarta.. (Dok: RedDorz)
Air Terjun Lepo Dlingo, Bantul, Yogyakarta.. (Dok: RedDorz)

Selain beragam destinasi wisata seperti Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, Alun-alun dan Jalan Malioboro, kamu tentunya ingin mengunjungi tempat yang tidak mainstream untuk destinasi wisata kamu, dan melepas penat tanpa diganggu banyak orang.

Air terjun atau Grojogan dalam bahasa Jawa, Lepo Dlingo yang terletak di Bantul, Yogyakarta dapat menjadi wishlist untuk dikunjungi lain waktu.

Bagi yang hobi berenang, di sana terdapat kolam alam yang mempunyai air jernih untuk dicoba. Air Terjun Lepo Dlingu memiliki tiga tingkatan, dengan tingkatan kedua memiliki ketinggian sepuluh meter, dan tingkatan ketiga dikelilingi oleh batuan pada dinding sekitar air terjun yang berbentuk persegi panjang yang tersusun rata.

5. Gua Gong, Pacitan, Jawa Timur.

Gua Gong, Pacitan, Jawa Timur. (Dok: RedDorz)
Gua Gong, Pacitan, Jawa Timur. (Dok: RedDorz)

Banyak sekali wisata alam di Indonesia, namun tidak banyak yang mengetahui kalau kita juga memiliki banyak wisata alam goa yang menyenangkan, dan menarik tentunya! Salah satu destinasi wisata alam gua adalah Gua Gong yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Keunikan dari gua ini adalah, suara seperti gong akan terdengar ketika stalaktit dan stalakmit dipukul.

Gua gong memiliki banyak warna-warna indah di dalamnya, gua sepanjang 256 meter ini memiliki fenomena alam menakjubkan yakni berupa ruangan raksasa sepanjang 100 meter, lebar mencapai 15 hingga 40 meter dan tinggi kurang lebih 20 sampai 30 meter di ujung gua tersebut. (Suara.com/Bimo Aria Fundrika)

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak