Nggak Kalah Kece dari Luar Negeri, Wisata Banyuwangi Ini Jangan Dilewatkan

Ada 3 wisata Banyuwangi kece yang tidak boleh dilewatkan, simak daftarnya di bawah.

Arendya Nariswari
Sabtu, 04 Desember 2021 | 20:00 WIB
Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi. (Instagram/@yukjohar)

Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi. (Instagram/@yukjohar)

Guideku.com - Berencana liburan ke Banyuwangi? Eits, sebelum tiba di tujuan ada baiknya kalian mempersiapkan list wisata Banyuwangi mana yang hendak kalian sambangi. 

Tak cukup sehari, pastikan kalian mempersiapan waktu libur atau cuti paling tidak 5-7 hari ketika berlibur ke Banyuwangi. 

Sebagian besar wisata Banyuwangi ini asyik bukan main, karena memperlihatkan keindahan alam mereka. 

Baca Juga: Agoda Merambah ke Distribusi Wholesale dengan Meluncurkan Beds Network

Lalu sebenarnya ada wisata alam apa saja ya di Banyuwangi ini, yang list-nya jangan sampai terlewatkan?

Melansir laman resmi Kabupaten Banyuwangi, Banyuwangi memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah. Lalu apa saja destinasi wisata Banyuwangi itu? Simak penjelasanya berikut.

Karena potensi wisatanya sangat tinggi, maka Banyuwangi menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur. Jumlah kunjungan wisatawan domestik sejak tahun 2016 hingga tahun 2019 bahkan telah mengalami peningkatan yang signifikan.

Baca Juga: Pakai Kostum Tak Biasa, Video Ibu-ibu Nongkrong di Kafe Ini Jadi Sorotan

Pada tahun 2016 lalu, wisatawan domestik yang mengunjungi Kabupaten Banyuwangi sejumlah 4.022.449 orang. Sedangkan di tahun 2019 jumlah wisatawan domestik yang mengunjungi Kabupaten Banyuwangi menjadi 5.307.054 orang.

Tidak hanya wisatawan lokal saja, nyatanya keindahan Banyuwangi juga disorot oleh mancanegara. Hal ini terbukti dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2016 sebanyak 77.139 orang, meningkat signifikan menjadi 101.622 orang di tahun 2019.

Kemudian pada tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19, pemerintah Kabupaten Banyuwangi melakukan upaya untuk mengurangi penyebaran virus corona dengan melakukan buka tutup tempat wisata dan diberlakukannya social distancing di tempat umum yang menyebabkan penurunan angka kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, PHRI Sumut Pastikan Tidak Ada Hotel yang Gelar Acara

Meskipun saat ini kita masih harus menahan diri untuk berkerumun, tapi tidak ada salahnya jika menilik keindahan wisata Banyuwangi. Yang penting, catat dulu rekomendasi destinasi wisata Banyuwangi berikut ini! 

1. Berkunjung ke Kawah Ijen

Salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang paling populer adalah Kawah Ijen. Destinasi wisata yang satu ini berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Baca Juga: Aksinya Jadi Sorotan, Aksi Cowok Borong Minimarket Ini Malah Disindir

Selain menawarkan panorama yang sangat indah, Kawah Ijen juga dikenal dengan pertambangan belerang yang ikonik. Dijamin, kamu akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa saat berkunjung ke Kawah Ijen.

2. Santai di Pantai Pulau Merah

Kalau kamu suka pantai, destinasi wisata Banyuwangi yang satu ini tak boleh dilewatkan. Konon, penamaan pantai ini dikarenakan pulau kecil yang tak jauh dari pantai.

Pulau kecil dengan bukit yang tinggi ini memiliki tanah yang berwarna merah, sehingga pantai ini bernama Pantai Pulau Merah.

3. Mampir ke Jawatan Benculuk

Destinasi wisata Banyuwangi berikutnya Jawatan Benculuk. Terdapat beragam tumbuhan dan pepohonan dengan tanaman menjalar yang bisa kamu temukan di Jawatan Benculuk ini.

Tempat ini dulunya memang terlihat menyeramkan lantaran tidak terurus. Namun, sejak Pemerintah Banyuwangi menata ulang, area ini ramai dikunjungi dan menjadi salah satu objek wisata populer di Banyuwangi. 

Masih ada banyak sekali destinasi wisata Banyuwangi yang bisa disambangi. Di antaranya adalah Air Terjun Banyu Lor, Waduk Sidodadi, Taman Nasional Baluran, Taman Blambangan, Teluk Hijau, dan masih banyak lagi. Mengeksplor keindahan Banyuwangi tentunya tak cukup satu hari! 

(Suara.com/Rishna Maulina Pratama/Rifan Aditya)

Berita Terkait TERKINI
Inilah deretan tempat wisata Cianjur yang cocok dikunjungi saat musim libur Lebaran....
travel | 11:30 WIB
Beberapa destinasi wisata religi ini cocok dikunjungi saat libur Lebaran....
travel | 11:15 WIB
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Tampilkan lebih banyak