Mau Mendaki Gunung? Simak Tips untuk Pemula Berikut Ini!

Aktivitas mendaki gunung merupakan lebih dari sekadar jalan santai singkat, tetapi...

Rendy Adrikni Sadikin
Senin, 07 Februari 2022 | 13:55 WIB
Ilustrasi mendaki gunung.(Pexels.com/@robertforevr)

Ilustrasi mendaki gunung.(Pexels.com/@robertforevr)

Guideku.com - Menghabiskan waktu di luar ruangan adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi tingkat stres setelah bekerja atau saat kuliah. Mulai dari berkunjung ke tempat baru, menikmati keindahan alam, hingga mendatangi kembali tempat favorit bisa membuat Anda melupakan permasalahan untuk sejenak.

Aktivitas mendaki gunung merupakan lebih dari sekadar jalan santai singkat, tetapi Anda kemungkinan besar akan berjalan hampir sepanjang hari membawa ransel yang berisi perbekalan Anda saat mendaki. Kegiatan ini jadi salah satu cara untuk orang-orang yang ingin melepas penat sekaligus mencari kegiatan di akhir pekan.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dari mendaki gunung adalah ukuran ransel, di mana ransel tersebut harus bisa membawa semua kebutuhan di punggung Anda. Jadi, Anda harus bisa memilih hal-hal penting yang akan dibawa dengan berhati-hati. Untuk bersiap-siap untuk perjalanan mendaki pertama Anda, ikuti beberapa tips di bawah ini.

Mulai dengan jalur yang mudah didaki

Beberapa teman mendaki Anda yang lebih berpengalaman mungkin akan memenuhi kepala Anda dengan cerita tentang destinasi eksotis. Namun, jangan terlalu cepat untuk terjun ke trek yang menantang. Pilih tujuan yang mudah dan tidak terlalu jauh dari rumah untuk memulai.

Jika pendakian terlalu sulit, itu bisa membuat seluruh pengalaman mendaki gunung menjadi menyulitkan dan terbalik dari tujuan utamanya, yaitu melepas penat. Jika Anda bisa memilih perjalanan yang relatif mudah, maka Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menjelajahi area di sekitar sambil bercengkerama dengan teman-teman.

Lakukan riset terlebih dahulu

Selain mengetahui jalur perjalanan ke dan dari titik awal, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki semua izin yang diperlukan. Periksa situs web badan pengelola lahan terkait untuk melihat apakah ada izin dan ketentuan yang diperlukan untuk tujuan yang ingin didatangi.

Destinasi-destinasi populer kemungkinan besar membutuhkan izin resmi dari para pendaki, seperti tidak boleh membawa kamera atau alat rekam lainnya. Jadi, Anda cukup gunakan smartphone Anda untuk mengambil foto dan video. Lebih praktis dan ringkas, kan?

Pastikan tubuh dalam keadaan prima

Anda memang tidak berlatih untuk maraton, tetapi bahkan perjalanan singkat pun bisa menuntut fisik yang prima. Paling tidak, lakukan beberapa rutinitas olahraga agar Anda bisa dengan nyaman menyusuri jalur dengan jarak dan ketinggian yang Anda rencanakan.

Jika Anda merasa tidak dalam kondisi yang baik untuk mendaki, pastikan untuk tidak memaksakan diri. Aktivitas ini membutuhkan kondisi fisik yang prima karena membutuhkan cukup banyak energi. Tidak hanya itu, kegiatan yang seharusnya menyenangkan ini akan membuat Anda kesulitan saat sedang sakit. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memastikan bahwa tubuh sedang dalam keadaan sehat sebelum pergi mendaki.

Gunakan alas kaki terbaik

Satu tips untuk mendaki gunung bagi para pemula yang paling diperlukan adalah memastikan kaki Anda tidak terluka, terlindungi dengan baik, dan nyaman selama berjam-jam mendaki. Anda harus memperhatikan dan memastikan untuk menggunakan sepatu gunung yang nyaman dan kuat untuk pengalaman pendakian yang menyenangkan.

Gunakan sepatu bot atau sepatu gunung yang paling sesuai dengan ukuran kaki Anda beserta kontur gunung yang akan didaki. Jangan lupa untuk membawa beberapa pasang kaus kaki, tergantung dari lamanya perjalanan pendakian. Bawa juga ekstra kaus kaki untuk tidur, mengingat udara di gunung yang sangat dingin.

Bawa barang secukupnya

Jangan membawa terlalu banyak barang sampai berlebihan. Anda hanya perlu mengemas perlengkapan yang paling penting untuk perjalanan Anda. Beban yang lebih ringan juga akan membuat Anda lebih mudah melewati tanjakan.

Selain itu, juga melindungi Anda dari berbagai cedera saat mendaki, seperti pergelangan kaki terkilir atau jatuh yang menyakitkan akibat tas yang terlalu berat. Tidak hanya itu, semakin sedikit Anda berkemas, semakin sedikit barang yang harus Anda bawa, atur, dan cari saat di jalan.

Persiapkan keterampilan camping

Untuk mempersiapkan diri Anda, berlatihlah untuk bisa mendirikan tenda, menyalakan kompor, membaca peta, dan membiasakan dengan peralatan navigasi lainnya. Mempelajari pertolongan pertama dasar, navigasi peta, dan kompas juga merupakan langkah yang penting. Sebab, kedua keterampilan tersebut akan membantu Anda terlepas dari kegiatan hiking atau bukan.

Perjalanan mendaki gunung adalah cara yang menyenangkan sebagai bentuk istirahat yang sangat dibutuhkan dari aktivitas harian yang penuh tekanan. Bagian terbaik dari perjalanan adalah memiliki ruang untuk spontanitas atau kejutan-kejutan yang akan Anda temukan dalam perjalanan. Oleh karena itu, tidak usah khawatir dan jangan lupa untuk bersenang-senang!

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak